Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Jalan di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo

Authors

  • Rizky Farah Dilla Politeknik Negeri Jember
  • Demiawan Rachmatta Putro Mudiono Politeknik Negeri Jember
  • Gamasiano Alfiansyah Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jremi.v1i4.2085

Keywords:

Keterlambatan, Pengembalian, Berkas Rekam Medis

Abstract

Keterlambatan pengembalian berkas rekam medis dapat mempengaruhi pelayanan rekam medis dan akan menghambat kegiatan selanjutnya, seperti kegiatan assembling, koding, analisis, indeks. Pengembalian berkas rekam medis rawat jalan di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo masih mengalami keterlambatan. Pada bulan januari sampai dengan februari total berkas rekam medis rawat jalan yang terlambat sebanyak 282 berkas (0,016%) dari 17.616 berkas. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis faktor  penyebab keterlambatan pengembalian berkas rekam medis rawat jalan di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Rekam Medis, Petugas Penanggung Jawab Operasional Unit Rekam Medis, Petugas Filling, Petugas Pengembalian Berkas. Penelitian  dilakukan pada bulan februari sampai bulan maret 2020. Hasil dari penelitian yang didapatkan yaitu pengetahuan dan sikap beberapa petugas masih belum paham dengan SOP pengembalian berkas rekam medis dan kepatuhan sikap petugas pengembalian masih kurang baik. Sarana dan prasarana sudah mendukung, hanya kurangnya ketelitian pada sumber daya petugas pengembalian. Sudah diberikan motivasi oleh koordinator pelayanan Unit Rekam Medis, dan sudah terdapat (SOP) pengembalian berkas rekam medis. Upaya yang dilakukan adalah memberi tahu perawat tentang batas waktu pengembalian berkas rekam medis rawat jalan, kepala rekam medis memberi teguran kepada perawat yang terlambat mengembalikan berkas rekam medis, memberikan motivasi kerja dan sering melakukan sosialisasi SOP terkait pengembalian berkas rekam medis rawat jalan.

References

Depkes RI. 2006. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit. Jakarta: Depkes RI.

Hamidatuz. 2014. Dampak Keterlambatan Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Di Rsud Genteng Banyuwangi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Hikmah, F., Wijayantin, R., & Rahmadtullah, Y. (2019). Penentu Prioritas Dan Perbaikan Masalah Keterlambatan Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Inap DI RSD Kalisat. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (JMIKI), 7(1), 58. doi:http://dx.doi.org/10.33560/jmiki.v7i1.214

Nafisatun. 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengembalian Dokumen Rekam Medis Rawat Inap Reguler Di RSUDDr. Moewardi Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Natasia, dkk. 2014. Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pelaksanaan SOP Asuhan Keperawatan di ICU-ICCU RSUD Gambiran Kota Kediri. Jurnal.

Notoatmodjo, S. 2010. Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Menkes RI. 2008. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis.

Razak, A. 2010. Perlunya Standar Operasional Prosedur (Sop) Untuk Peningkatan Mutu Pelayanan. Balai Diklat Keagamaan Manado.

Rusmala, A.S. 2016. Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Perawat Terhadap Ketepatan Waktu Pengembalian Rekam Medis Rawat Inap Di RSD Kota Tidore Kepulauan. Jurnal. Universitas Indonusa Esa Unggul.

Shofari B. 1999. Pengelolaan Sistem Rekam Medis. Depkes RI Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Balai Pelatihan Kesehatan.

Published

15-10-2020

How to Cite

Dilla, R. F., Mudiono, D. R. P., & Alfiansyah, G. (2020). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pengembalian Berkas Rekam Medis Rawat Jalan di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 447–455. https://doi.org/10.25047/jremi.v1i4.2085

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>