Evaluasi Implementasi Aplikasi Primary Care (P-Care) dengan Menggunakan Metode Task Technology Fit di Puskesmas Patrang Kabupaten Jember Tahun 2019

Authors

  • Inggil De Crystal Politeknik Negeri Jember
  • Sustin Farlinda Politeknik Negeri Jember
  • Novita Nuraini Politeknik Negeri Jember
  • Andri Permana Wicaksono Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jremi.v1i4.2127

Keywords:

Evaluasi, Aplikasi Primary Care, TTF

Abstract

Puskesmas Patrang merupakan salah satu puskesmas yang sudah menggunakan aplikasi Primary Care (P-Care). Aplikasi ini digunakan untuk mengentrikan data sosial, data pemeriksaan pasien dan pembuatan surat rujukan untuk pasien BPJS. Dalam pelaksanaannya masih ditemui berbagai kendala yang dialami oleh pengguna,yaitu  seperti aplikasi p-care yang mengalami error,  pembuatan surat rujukan hanya dilakukan oleh 1 petugas serta pengguna harus melakukan double entry data guna untuk kebutuhan laporan yang dibutuhkan oleh puskesmas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi implementasi aplikasi  Primary   Care dengan   menggunakan    metode   TTF   (Tasks  Technology  Fit) . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil evaluasi implementasi aplikasi Primary care   di Puskesmas Patrang menunjukkan bahwa dari 5 responden menyatakan karakteristik  tugas sudah sangat baik, semua tugas yang dilakukan sudah terfasilitasi disetiap menu aplikasi. Kriteria karakteristik dalam penerapan teknologi yang digunakan sudah baik, meskipun ketersediaannya belum merata. Kriteria kesesuaian tugas yang dirasakan oleh pengguna sudah sesuai dengan teknologi yang digunakan. Kriteria kebermanfaatan diperoleh bahwa pengguna merasakan butuh dengan aplikasi ini. Serta kriteria dampak kinerja dalam penerapan aplikasi ini yaitu ini sudah dirasakan dengan baik. Upaya penambahan kebutuhan pendukung seperti komputer dan scanner, penggunaan SIMPUS serta pembuatan SOP perlu diterapkan agar implementasi aplikasi primary care bisa berjalan dengan baik.

References

Erawantini, D. (2016) ‘Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Kencong Kabupaten Jember Dengan Metode End User Computing (EUC) Satisfaction’.

Hidayat, D. (2014) ‘Pengembangan Pemeriksaan Fisik Berdasarkan Kebutuhan Dasar Fisiologi Manusia Pada Usia Dewasa Di RSUD Dr. Slamet Garut Tahun 2014’.

Kemenkes RI (2013) Permenkes No. 71 Tentang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta. Available at: http://www.depkes.go.id/resources/download/general/PMK No. 71 Th 2013 ttg Pelayanan Kesehatan Pada JKN.pdf.

Maulina, D. (2015) ‘Pengaruh Karakteristik Tugas , Teknologi Informasi Dan Individu Terhadap TTF, Utilisasi Dan Kinerja’, JISIP Universitas Tribuwana Tunggadewi, 4(1), pp. 108–119. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/42372-ID-pengaruh-karakteristik-tugas-teknologi-informasi-dan-individu-terhadap-task-tech.pdf.

Putri, S. A. (2019) Analisis Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Menggunakan Metode TTF (Task Technology Fit) Di RSD Kalisat Kabupaten Jember Tahun 2018. Politeknik Negeri Jember.

Rahadi, D. D. R. (2007) ‘Peranan teknologi informasi dalam peningkatan pelayanan di sektor publik’, Seminar Nasional Teknologi 2007 (SNT 2007), 2007(November), pp. 1–13. Available at: http://p3m.amikom.ac.id/p3m/64 - PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DI SEKTOR PUBLIK.pdf.

Sudarti, R. (2015) Evaluasi Implementasi Perangkat Lunak P-Care Di Puskesmas Kotagede I Kota Yogyakarta Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Yogyakarta. Available at: http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=82577&obyek_id=4.

Supriyatna, A. (2015) ‘Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces’. Available at: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/download/411/361/.

Wahyuningsiah, D. (2019) ‘Pengaruh Task-Technology Fit Dan Utilization Siakad Dan Ub-Feeder Terhadap Dampak Kinerja Individu Di Universitas Brawijaya’.

Widagdo, P. P. (2016) ‘Pengaruh Kesesuaian Teknologi Terhadap Tugas Terhadap Kinerja Individu Pada Generasi Baby Boomers (1945-1964) Dalam Menggunakan Teknologi Informasi (Studi Kasus : Universitas Mulawarman)’, Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(2), p. 54. doi: 10.30872/jim.v11i2.978.

Yusuf, M. W. (2016) ‘Analisis Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi Pengolahan Administrasi Desa Secara Elektronik (Pade) Di Kabupaten Lamongan Menggunakan Metode Task Technology Fit (TTF)’. Available at: http://repository.unair.ac.id/56924/13/ST.SI 39-16 Yus a SKRIPSI-min.

Published

15-10-2020

How to Cite

Crystal, I. D., Farlinda, S., Nuraini, N., & Wicaksono, A. P. (2020). Evaluasi Implementasi Aplikasi Primary Care (P-Care) dengan Menggunakan Metode Task Technology Fit di Puskesmas Patrang Kabupaten Jember Tahun 2019. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 502–510. https://doi.org/10.25047/jremi.v1i4.2127

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>