Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Dokumen Akreditasi (SISMADAK) Dengan Menggunakan Metode PIECES di Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang

Authors

  • Ines Meiyola Pradanthi Politeknik Negeri Jember
  • Feby Erawantini Politeknik Negeri Jember
  • Sustin Farlinda Politeknik Negeri Jember
  • Dony Setiawan Hendyca Putra Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jremi.v2i1.2183

Keywords:

SNARS, SISMADAK, PIECES

Abstract

Bhayangkara Hospital Lumajang is one of SNARS accredited health agencies and SISMADAK is used in the reporting process to KARS. The problems is still found in its application, which resulted in staff being less satisfied with SISMADAK. The aims of this study was to evaluate SISMADAK in terms of user satisfaction using the PIECES method. The study was quantitative descriptive study, which is described as a descriptive evaluation by comparing user satisfaction with information systems. The result of description evaluate of SISMADAK using PIECES method in Bhayangkara Hospital Lumajang about satisfaction percentage found 81% of performance variable was showed very good, 81% of information variable was stated very good, 69% of economic variable was good, 76% control variable was stated very good, 70% of efficiency variable was stated very good, and 80% of service variable was responded very good. For further advices were the planned of SISMADAK users need related information that is not yet available, beside the staff should increase the confidentiality of data on SISMADAK. The conclusion of this study is SISMADAK able to facilitate users in the hospital accreditation process of KARS.

References

Alfiansyah, G., Silfail Fajeri, A., Weka santi, M., dan juwita Swari, S. 2020. Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing System) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. 11(3).

Fatta, H. Al. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi.

Gea, D. 2019. Petunjuk Teknis Instalasi Dan Penggunaan Aplikasi Sistem Manajemen Dokumen Akreditasi (Sismadak) Bagi Rumah Sakit Di Indonesia. (Jakarta : Komisi Akreditasi Rumah Sakit).

Irlaili, L. D., dan Rohmadi, R. M. D. 2018. Tinjauan Keamanan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Berdasarkan Aspek Privacy, Integrity Dan Authentication di RSUD Dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. 11(1).

KARS. 2017. Edisi 1 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit.

Kristy, R. D. dan Kusuma, W. A. 2018. Analisis Tingkat Kepuasan Dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. Teknika: Engineering And Sains Journal, 2(1), 17–24.

Laksono, C. dan Wibowo, S. 2014. Analisis Website Kpu Provinsi Jawa Tengah Dengan Metode Pieces.

Mumpuni, I. D. dan Dewa, W. A. 2017. Analisis dan Pengembangan Sistem Self Services Terminal (SST) dengan Pendekatan PIECES pada STMIK Pradnya Paramita Malang. MATICS, 9(1), 12–17.

Ningrum, M. V. R. dan Rosita, D. 2019. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. 23(2)(Sebatik), 517-521.

Ramadhani, S. dan Kusuma, W. A. 2018. PIECES Framework untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi. 4(2).

Setiawan Hendica Putra, D., Dwi Puspitasari, T. dan Choirur Roziqin, M. 2018. Analisis Jalur Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna dan Intensitas Pengguna SIMRS Dengan Metode De Lone dan Mc Lean di Rumah Sakit Balung Kabupaten Jember. 17(1), 36–47.

Setiawan Hendica Putra, D. dan Meilana, S. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem , Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember. 1–4.

Published

30-12-2020

How to Cite

Pradanthi, I. M., Erawantini, F., Farlinda, S., & Putra, D. S. H. (2020). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Dokumen Akreditasi (SISMADAK) Dengan Menggunakan Metode PIECES di Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.25047/jremi.v2i1.2183

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>