RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI APOTEK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI KLINIK PRATAMA ROLAS MEDIKA JEMBER

Authors

  • Errica Rostia Loren Politeknik Negeri Jember
  • Sustin Farlinda Politeknik Negeri Jember
  • Nugroho Setyo Wibowo Politeknik Negeri Jember
  • Dony Setiawan Hendyca Putra Politeknik Negeri Jember

DOI:

10.25047/j-remi.v3i1.2348

Keywords:

Sistem Informasi, Apotek, Klinik, Warning Expired Date

Abstract

Pelayanan kesehatan di Klinik Pratama Rolas Medika Jember sudah menggunakan sistem komputerisasi. Salah satu sistem komputerisasi yaitu adanya sistem informasi apotek yang telah digunakan di Apotek Rolas Medika milik klinik tersebut. Penggunaan sistem informasi apotek tersebut masih terdapat kendala dan kekurangan seperti tidak adanya form retur obat, mutasi obat dan tidak adanya pemberitahuan warning expired date pada sistem tersebut, sehingga petugas harus mengerjakannya secara manual. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi apotek dengan merancang dan membuat sistem informasi apotek sesuai kebutuhan pengguna dalam meningkatkan pelayanan di Klinik Pratama Rolas Medika Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode pengembangan prototipe. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi apotek di Klinik Pratama Rolas Medika Jember yang dapat meningkatkan pelayanan dan dengan adanya pemberitahuan warning expired date dapat mempermudah petugas dalam mengetahui jumlah stok obat yang akan mendekati tanggal kadaluarsa.

Author Biographies

Errica Rostia Loren, Politeknik Negeri Jember

Program Studi Rekam Medik, Jurusan Kesehatan

Sustin Farlinda, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Kesehatan

Nugroho Setyo Wibowo, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Kesehatan

Dony Setiawan Hendyca Putra, Politeknik Negeri Jember

Jurusan Kesehatan

References

Dwi, D. 2016. Sistem Informasi Persediaan Obat Apotek Berbasis Web pada Klinik Bersama. Universitas Sebelas Maret.

Haniyah, F. 2009. Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Poliklinik Berbasis Rekam Medis di Rumah Sakit Medika Permata Hijau Jakarta Barat Tahun 2009. Universitas Indonesia.

Jawa Pos. 2018. Klinik Pratama Rolas Medika Raih Puncak Peringkat Akreditasi Nasional. Jawa Pos. 30 April.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Edisi Revi. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Kati, O. dan B. R. 2017. Sistem Informasi Pengolahan Data Obat Berbasis Client Server pada Apotek Mitra Farma Kendari. Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer. Vol. 2 (No. 1).

Khoirul, A. 2016. Perancangan Sistem Informasi Apotek di Klinik Sakinah Kecamatan Sumber Sari Kabupaten Jember. Politeknik Negeri Jember.

Kristanto, A. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Menteri Kesehatan. 2008. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis.

Menteri Kesehatan (2014) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Klinik.

Menteri Kesehatan (2017) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Apotek.

Mirghotbi, M. and K. Pourvali. 2013. Consumers’ Attitude Towards Date Marking System of Packaged Foods. Journal of Paramedical Sciences (JPS) Summer 2013. Vol. 4(No. 3), p. 75-82.

Presiden RI. 1999. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan.

Primadyaningsih, K., S. Kamsiyati and E. Sri Markamah. 2016. Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun. Universitas Sebelas Maret.

Purwaningtias, F. 2016. Sistem Informasi Apotek Menggunakan Metode FEFO pada Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Jurnal Informatika. Vol. 2(No. 1).

Radar Jember. 2019. Klinik Pratama Rolas Medika Raih Juara Dua Nasional. Radar Jember.

Rosa dan M. Salahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Edisi Revi. Bandung: Penerbit Informatika.

Setiawan, A., T. Hendro and F. Renaldi. 2017. Pembangunan Sistem Informasi Penjualan Obat pada Depo di RSUD Soreang Kabupaten Bandung. Jawa Tengah: Prosiding SNATIF Ke-4, p. 1-2.

Simarmata, J. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Solihin, M. 2017. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Manajemen Stok Obat Menggunakan Metode FIFO (First In First Out). Universitas Teknologi Yogyakarta.

Sunandar, D. dan E. 2018. Penerapan Metode Brainstorming pada Pembelajaran Fisika Materi Wujud Zat. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah). Vol. 2 (No. 1).

Surya, B. 2017. Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Pengelolaan Obat di Klinik Pratama Temu Waras Arjasa Jember. Politeknik Negeri Jember.

Wasiyanti, S. dan T. R. 2016. Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Web pada Apotek Kondang Waras Depok. Jurnal PARADIGMA, Vol. XVIII (No. 2).

Widya, E. 2010. Sistem Informasi Apotek Rumah Sakit Assalam Gemolong Berbasis Web. Universitas Sebelas Maret.

Downloads

Published

09-12-2021

How to Cite

Loren, E. R., Farlinda, S., Wibowo, N. S., & Hendyca Putra, D. S. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI APOTEK DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI KLINIK PRATAMA ROLAS MEDIKA JEMBER. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.25047/j-remi.v3i1.2348

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>