strategi pengembangan komoditas durian merah (Durio Graveolens)

Driyanto Wahyu Wicaksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk meningkatkan produksi durian merah. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi tindakan yang dapat dilakukan pemerintah. Analisa SWOT digunakan untuk menentukan alternatif strategi yang dapat dilakukan pemerintah. Analisa QSPM berfungsi menentukan pilihan strategi prioritas dalam mengembangkan agribisnis durian merah di Kabupaten Banyuwangi. Metode deskriptif digunakan untuk menjelaskan studi kasus pada Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi dengan narasumber sebanyak 4 orang. Penjualan durian merah ditempat khusus merupakan kekuatan utama yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Kelemahan utama yang harus diperbaiki adalah sarana dan prasarana yang kurang dari pemerintah dapat mempengaruhi pengembangan produksi durian merah. Peluang utama yang dimiliki adalah potensi pengembangan pasar guna menarik minat konsumen untuk membeli durian merah. Ancaman utama yang dimiliki adalah impor durian. Alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh pemerintah diantaranya: 1) Perbaikan manajemen usahatani yang masih rendah, 2) Pembinaan petani melalui penyuluhan dalam usaha pengembangan durian merah. Strategi yang menjadi prioritas utama dalam penelitian ini adalah pembinaan petani melalui penyuluhan dalam usaha pengembangan durian merah.


Keywords


Banyuwangi, durian merah, strategi pengembangan

References


Alhadi, I. 2015. Strategi Pengembangan UKM Melalui Analisis SWOT pada Bengkel Firdana Service di Desa Tawar sedenge, Kecamatan Bandar. Kabupaten Bener Meria. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Sumatera Utara.

Astuti, M. 2014. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kecil (Studi Pada Keripik Ubi Mak Atik). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Budiono, M. 2014. Strategi Pengembangan Usaha Jasa Servis AC Menggunakan Metode SWOT (Studi Kasus Pada CV. Wahyu Putra Teknik). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Surabaya. Surabaya.

David F R. 2012. Manajemen Strategis. edisi ke-12. Jakarta(ID) : Salemba Empat.

Dewi, S.K. 2009. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Industry Kecil Olahan Carica. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Dinas Pertanian Banyuwangi. 2017. Kabupaten Banyuwangi Dalam Angka 2017. Banyuwangi: Badan Pusat Statistik.

Fretes, R.A, Santoso, P.B, Soenoko. R, Astuti, M. 2013. Stretagi Perencanaan Dan Pengembangan Industri Pariwisata Dengan Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon).Jurnal Rekayasa Mesin. 4(2):109-118.

Nutfah, S. 2015. Strategi Pengembangan Usahatani Durian (Durio Zibethinus Murr) Di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. 4(3): 85-102.

Puspitasari A.T. 2015. Strategi Pengembangan Industri Kecil Lanting Di Desa Lemahduwur Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen”.Skripsi., Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Putra A. P. 2014. Strategi Bersaing Prol Tape Primadona Jember-Jawa Timur. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rumbayan, Y.R. 2012. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Rumah Durian Harum Kalimalang. Jakarta Timur. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Salastina, A. 2010. Strategi Pengembangan Usaha Beras (Studi Kasus PB. Sugih Mukti, Kabupaten Cianjur).Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Saputri, E.D. 2011. Perancangan Strategi Pengembangan Usaha dengan Metode SWOT Analisis di Perusahaan Abon Damond Ampel Boyolali. Skripsi. Jurusan Teknik Industri Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.

Saragi, A.A. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sector Industry Kerajinan Batu Bata Berdasarkan Analisis SWOT. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Darma Yogyakarta. Yogyakarta.

Sekaran U, Roger B. 2010. Research Methods for Business: A Skill Building Approarch. New Jersey(AS): John Wiley&Sons.

Suharto, B. 2016. Strategi Pengembangan Wisata Agro Di Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Pariwisata-STP Trisakti. 21(1):1-15.

Tri, W. 2013. Strategi Pengembangan Industry Kecil Keripik Di Dusun Karang Bolo Desa Lerep Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Wijayanti, T. 2014. Strategi Pengembangan Pemasaran Agrowisata Di Kabupaten Jember (Studi Kasus Taman Botani Sukorambi Jember). Institut Pertanian Bogor. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.25047/jii.v18i2.1019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Inovasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.