PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DAERAH KALISAT KABUPATEN JEMBER

Dony Setiawan Hendyca Putra, Meilana Siswanto

Abstract


Teknologi dan sistem informasi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sistem informasi pada saat ini menjadi sangat dibutuhkan oleh suatu organisasi, perusahaan, maupun perorangan untuk mendapat kemudahan, kecepatan, dan ketepatan dalam mengolah dan memperoleh data dan atau informasi. Rumah Sakit Kalisat di memiliki banyak masalah yang dialami terkait dengan data-data serta informasi pasien, pegawai, jadwal, rekam medis, antrian, obat-obatan, perawatan, keuangan, jumlah dan efektifitas pegawai serta ruangan, dan lain sebagainya. Masalah tersebut meliputi dalam proses memasukkan data dan pencarian, terlebih lagi bila sistem belum menggunakan komputer hal tersebut akan sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dimana terdapat 3 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Peneliti melakukan uji regresi linier berganda untuk mengetahui adanya pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil yang didapatkan adalah kualitas sistem memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna pada sistem informasi manajemen rumah sakit kalisat. Hal ini dibuktikan dengan T-hitung >T-tabel (-1,627 > -1,187) yang berarti H0 ditolak. Kualitas informasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna pada sistem informasi manajemen rumah sakit kalisat. Hal ini dibuktikan dengan T-hitung >T-tabel (-2,341 > -1,187) yang berarti H0 ditolak. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna pada sistem informasi manajemen rumah sakit kalisat. Hal ini dibuktikan dengan T-hitung >T-tabel (4,319 > 3,297) yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil diatas peneliti dapat menyimpulkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna SIMRS. Saran peneliti untuk SIMRS Kalisat harus di pertahankan kualitasnya supaya dapat mempertahankan kepuasan pengguna SIMRS Kalisat.

References


Adri Kristanto. 2004. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Apit Riana. 2006. Evaluasi kinerja sistem informasi manajemen ditinjau dari aspek persepsi pengguna dalam mendukung proses manajemen di rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. SemarangArikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Depkes RI. 2003. Sistem Informasi Rumah Sakit di Indonesia (Sistem Pelaporan RS Revisi V). Jakarta: Departemen Kesehatan.

Jogiyanto.2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Masrek Mohamad Noorman, Adnan Jamaludin and Sobariah Awang Mukhtar. 2010. Evaluating Academic Library Portal Evectiveness A Malaysian Case Study. Library Review Vol. 59 No. 3, 2010. 198-212. Emerald Group Publishing Limited

Petter Stacie, W DeLone and E. R. McLean. (2008). Measuring Information Systems Success: Models, Dimensions, Measures, and Interrelationships. European Journal of Information Systems. 236-263.

Rustiyanto. 2010. Statistik Rumah Sakit Untuk Pengambilan Keputusan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sabarguna. 2008. Sistem Bantu Keputusan untuk Rawat Jalan dan Rawat Inap Rumah Sakit. Jakarta: CV. Karya Bakti Mandiri.

Smith, Diana Garcia. 2007. Testing A Model To Predict Successful Clipnical Information System. Dissertation. The University of Arizona.




DOI: https://doi.org/10.25047/jii.v16i2.291

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.25047/jii.v16i2.291.g276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmiah Inovasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.