REKAYASA MANIFOLD MEMBRANE MESIN 2 LANGKAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI BAHAN BAKAR

Aditya Wahyu Pratama, Azamataufiq Budiprasojo

Abstrak


Mesin 2 langkah mempunyai kelebihan pada besarnya torsi dan daya yang didapat pada putaran mesin relatif rendah dan kompresi rsio yang juga rendah bila dibandingkan dengan mesin 4 langkah. Kelebihan dari mesin 2 langkah ini harus dikompensasi dengan borosnya konsumsi bahan bakar. Saat ini mesin 2 langkah masih menjadi pilihan karena mesin ini murah dan mudah dalam  perawatannya. Upaya rekayasa perlu dilakukan pada mesin 2 langkah ini agar dapat menurunkan nilai konsumsi bahan bakarnya. Salah satu upaya yang coba dilakukan adalah merekayasa system pemasukan bahan bakarnya dalam hal ini pada komponen manifold membrane.

Dengan dilakukan modifikasi manifold membrane diharapkan dapat memperbaiki proses pembilasan dan pengisian silinder, sehingga suplay bahan bakar dapat tersalurkan dengan baik. Ada 4 tipe membran yang akan di teliti yaitu membran standar, membran modifikasi 1, membran modifikasi 2, dan membran modifikasi 3. Perbedaan pada membrane ini adalah pada dimensi, bentuk dan pemasangannya. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa terjadi penurunan laju aliran bahan bakar pada penggunaan membran modifikasi. Bila diurut dari yang paling kecil konsumsi bahan bakarnya adalah mebran modifikasi 1, membran modifikasi 2 dan membran modifikasi 3 di banding membran standar. Laju aliran bahan bakar paling rendah dicatat dapat diperoleh pada pemakaian membran modifikasi 1 yaitu sebesar 0,00012 Kg/detik pada putaran mesin 4000 RPM.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto A. dan Wulandari D. 2013. Analisa Keakurasian Engine Water Brake Dynamometer. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Surabaya

Arif Mirza M. 2016. Pengaruh Penambahan Tabung Induksi pada Intake Manifold Terhadap Unjuk Kerja dan Konsumsi Bahan Bakar Motor Bensin pada Sepeda Motor Yamaha MIO 113 cc. Skripsi. Program Studi Mesin Otomotif. Jurusan Teknik. Jember : Politeknik Negeri Jember.

Aji. 2010. Study Pengaruh Aplikasi Membran Racing Terhadap Unjuk Kerja Mesin Sepedah Motor Bensin 2 Langkah 135 cc Dengan Variasi Bahan Bakar Premium dan Pertamax. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat. 2011. Analisa Unjuk Kerja Mesin Suzuki GP 100 2 Tak 1 Silinder Terhadap Ketebalan Gasket Pada Kepala Silinder. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Jeevanandha, dkk. 2014. International Journal of Research in Aeronautical and Mechanical Engineering Modification of Two Stroke Engine to Increase the Torque.

Kurnia. 2013. Pengaruh Penggantian Reed Valve Suzuki Satria 120 R Terhadap Torsi dan Daya. Program studi Teknik Mesin. Universitas Gajah Mada.

Siregar. 2009. Motor Bakar Kajian Teoritis Performansi Mesin – Non Stationer (Mobile) Berteknologi VVT – I dan Non VVT – i. Program Pendidikan Sarjana Ekstensi Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik. Universitas Sumatra Utara Medan.

Satiyo. 2008. Torsi, Daya Kendaraan Bermotor Prony Breake. Universitas Muhammadiyah Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.