APLIKASI SISTEM KONTROL PI PADA MESIN PENDINGIN TIPE AIR BLAST SEBAGAI KONTROL EKSPANSI OTOMATIS (APPLICATION PICONTROL SYSTEM ON REFRIGERATOR PLATE TOUCH TYPE FOR AUTOMATIC EXPANSION VALVE CONTROL)

Authors

  • Bayu Rudiyanto
  • Budi Hariono
  • Abi Bakri

Abstract

Salah satu cara untuk melakukan penghematan energi dalam proses pembekuan, adalah dengan cara melakukan proses pembekuan secara bertahap menggunakan mesin pendingin tipe lempeng sentuh dengan melakukan pengontrolan temperatur secara otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses perancangan dan pembuatan kontrol katup ekspansi otomatis dengan menggunakan sistem kontrol PI, yang selanjutnya akan diaplikasikan pada mesin pendingin lempeng sentuh untuk melakukan proses pengontrolan temperatur pembekuan. Sensor temperatur LM35 digunakan dalam penelitian ini untuk melakukan pembacaan temperatur pada ruang evaporator, yang mana dari hasil pembacaan sensor tersebut digunakan sebagai sinyal masukan untuk sistem kontrol PI. Berdasarkan hasil pengujian sensor LM35 mempunya sensitivitas pembacaan yang hampir sesuai dengan data sheet yaitu sebesar 0,009335 V/oC. Unjuk kerja sistem kontrol PI pada penelitian ini didapatkan respon yang baik pada nilai Kp = 20 dan Ki = 10, dimana dengan nilai berikut untuk mencapai temperatur set point waktu yang dibutuhkan selama 251 detik dengan nilai maximum overshoot lebih rendah yaitu -2,4oC. Hasil pendingan yang didapatkan pada penelitian ini dengan menggunakan sistem kontrol katup ekspansi otomatis didapat proses pendinginan yang lebih cepat dan energi yang dibutuhkan jauh lebih hemat yaitu sebesar 0,265 kWh.

References

Bashori, Z.,Sumardi, dan I. Setiawan. 2013.â€Pengendali Temperatur Pada Plant Electric Furnace Berbasis Sensor Thermocouple Dengan Metode Kontrol PIDâ€. JurnalTransient, Vol 2, No. 2. ISSN: 2302- 9927,2.

Budi, W., Wahyudi, dan I. Setiawan. 2011. Teknik Kendali Hibrid Pi Fuzzy Untuk Pengendalian Suhu Zat Cair. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Hamzah, M., S. Budi, dan Sumardi. 2014. “Perancangan Plant Alat Pembuat Sirup Buah Otomatis dengan Kontrol PI Sebagai Pengendali Suhu Cairan Berbasis Atmega16â€. Jurnal Transient, Vol 3, No.4. ISSN : 2302-9927, 665.

Hidayta, T. 2014. Analisis Karakteristik Refrigeran Terhadap Konsumsi Energi Listrik Pada Prototipe Sistem Pembeku Air Menggunakan R-134a dan R-290/R-600a. Sekolah Tinggi Teknologi Bina Tunggal (STTBT) Bekasi- Jawa Barat.

Kamal, D.M. 2008. Pemodelan Sistem Pembekuana dengan Suhu Media Pembeku Bertahap pada Proses Pembekuan Daging Sapi Segar Menggunakan

Metode Eksergi. Thesis. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Kurniawa,.D. 2008. Regresi Linier. R: A language and environment for statistical computing. R Foundation for Statistical Computing, Vienna, Austria. ISBN 3-900051-07-0, URL http://www.R-project.org

Swain, T.K. 2014. Analog Febrication Of PID Controller.Thesis. Department Of Electrical Engineering, National Institute Of Technology, Rourkela.

Published

13-12-2016