Reliabilitas Microsoft Kinect Untuk Pengukuran Sudut Joint Sendi Bahu Pada Posisi Frontal Dan Sagittal Plane

Authors

  • Beni - Widiawan
  • - - Yogiswara
  • I Putu Dody Lesmana

Abstract

Rehabilitasi mandiri dengan konsep virtual memiliki beberapa kelebihan sebagai pelengkap rehabilitasi yang dilakukan di fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit. Dengan rehabilitasi mandiri dengan konsep virtual memungkinkan terapi latihan yang adaptif sesuai dengan kondisi perkembangan penderita, dapat dilakukan monitoring secara terus-menerus, meningkatkan kepatuhan penderita terhadap latihan yang dijalankan melalui konsep rehabilitasi yang menyenangkan, dan menyediakan umpan balik secara real-time terhadap perkembangan rehabilitasi. Microsoft Kinect merupakan salah satu media motion capture 3D berbiaya murah yang dapat digunakan untuk mengembangkan rehabilitasi mandiri virtual untuk penderita frozen shoulder yang mengalami masalah kekakuan otot pada sendi bahu. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian reliabilitas Microsoft Kinect untuk pengukuran sudut sendi bahu bagian atas (upper extremity) pada rehabilitasi frozen shoulder. Dari hasil penelitian terhadap pengukuran sudut joint dari delapan pose sendi bahu pada arah frontal dan sagittal plane didapatkan bahwa reliabilitas Microsoft Kinect bernilai baik jika dilihat dari perbedaan

References

Golomb, M. R., McDonald, B. C., Warden, S. J., Yonkman, J.,

Saykin, A. J., Shirley, B., Huber, M., Rabin, B., AbdelBaky, M.,

Nwosu, M. E., Barkat-Masih, M., & Burdea, G. C.(2010). Inhome

virtual reality videogame telerehabilitation in adolescents

with hemiplegic cerebral palsy. Archives of physical medicine and

rehabilitation, 91(1), 1-8.

Pompeu, J. E., Arduini, L. A., Botelho, A. R., Fonseca, M. B. F.,

Pompeu, S. A. A., Torriani-Pasin, C., & Deutsch, J. E. (2014).

Feasibility, safety and outcomes of playing Kinect Adventures!â„¢

for people with Parkinson's disease: a pilot study. Physiotherapy,

(2), 162-168.

Shotton, J., Sharp, T., Kipman, A., Fitzgibbon, A., Finocchio, M.,

Blake, A., & Moore, R. (2013). Real-time human pose recognition

in parts from single depth images. Communications of the ACM,

(1), 116-124.

Mobini, A., Behzadipour, S., & Saadat Foumani, M. (2014).

Accuracy of Kinect’s skeleton tracking for upper body

rehabilitation applications. Disability and Rehabilitation:

Assistive Technology, 9(4), 344-352.

Published

2016-12-19