PEMBANGUNAN CYBER MARKET UNTUK MENUNJANG PEMASARAN DAN PROMOSI PRODUK UNGGULAN PADA BUSINESS CENTER PONDOK PESANTREN AL HASAN PANTI JEMBER

Authors

  • Adi Heru Utomo
  • Denny Trias Utomo
  • Endro Sugiartono

Abstract

Kemandirian pondok pesantren sebagai lembaga swadana menjadi masalah penting, khususnya dalam bidang
pendanaan. Salah satu usaha ekonomi yang dikembangkan di Ponpes Al Hasan diantaranya adalah di bidang
agribisnis mulai dari budidaya, pengolahan, hingga pemasaran yang dikelola oleh unit Business Center Ponpes Al
Hasan. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya sarana pemasaran dan promosi untuk produk yang
dihasilkan. Jumlah barang yang terjual tidak sebanding dengan jumlah produk yang diproduksi. Jika hal ini
terus-menerus terjadi akan berakibat pada menurunnya profit usaha. Solusi yang diusulkan pada kegiatan
pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan memanfaatkan penjualan online (Cyber Market) pada Business
Center Ponpes Al Hasan. Sedangkan Iptek yang diterapkembangkan adalah ZenCart yang merupakan sebuah
Content Management System yang dapat digunakan untuk membangun sebuah cyber market.Luaran yang
diharapkan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui
prosiding ber-ISBN pada Seminar Nasional Diseminasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri
Jember tahun 2020, artikel pada media massa cetak/elektronik lokal Jember (Radar Jember), dan video
kegiatan.Sedangkan target capaian pada akhir kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan
keberdayaan Business Center Ponpes Al Hasan sesuai permasalahan yang dihadapi, meliputi: keberhasilan
Business Center Ponpes Al Hasan dalam meningkatkan omset penjualan, keberhasilan Business Center Ponpes Al
Hasan dalam melakukan ekspor produk unggulan ke luar negeri, keberhasilan Business Center Ponpes Al Hasan
dalam melakukan pemasaran antar pulau, serta keberhasilan Business Center Ponpes Al Hasan dalam
meningkatkan manajemen pemasaran.Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi
beberapa kegiatan berikut: Focus Group Discussion, pembangunan sistem cyber market menggunakan ZenCart,
penerapan web hosting dan evaluasi sistem, pelatihan dan pendampingan, dokumentasi kegiatan, evaluasi hasil
kegiatan, diseminasi dan publikasi, serta pelaporan yang dilaksanakan selama 6 bulan sejak bulan Juni 2019
sampai dengan Nopember 2019.

Kata Kunci — business center, content management system, cyber market, ponpes al hasan, zencart.

References

Andalia, F. dan E.B. Setiawan. 2015. “Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pencari Kerja Pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Padangâ€. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). 4. Hal.93.

Anisya. 2013. “Aplikasi Sistem Database Rumah Sakit Terpusat Pada Rumah Sakit Umum (RSU) ‘Aisyiyah Padang Dengan Menerapkan Open Source (PHP-MYSQL)â€. Jurnal Momentum. 15(2). Hal.51.

Arnandes. 2017. Perancangan Sistem Informasi Penjualan E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Fidela. Skripsi. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gici Batam.

Barri, M.W.H., A.S.M. Lumenta, dan A. Wowor. 2015. “Pembuatan Aplikasi SMS Gateway Untuk Pembuatan Kartu Perpustakaan di Fakultas Teknik Unsratâ€. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer. Hal.24.

Cahya, J.H. 2016. Sistem Informasi Berbasis E-Commerce (Studi Kasus Toko Peralatan Outdoor Cartenz Jember). Laporan Tugas Akhir. Politeknik Negeri Jember.

Darmawan, D., dan K.N. Fauzi. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dimuksa, W., dan Sukadi. 2013. “Pembuatan Aplikasi Web Browser Portable Multifiturâ€. Indonesian Jurnal on Networking and Security (IJNS). 2(1). Hal.8.

Ginting, E. 2013. Aplikasi Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Menggunakan Joomla Pada Mutiara Fashion. Tugas Akhir. Universitas Widyatama Bandung.

Harison, dan A. Syarif. 2016. “Sistem Informasi Geografis Sarana Pada Kabupaten Pasaman Baratâ€. Jurnal TEKNOIF. 4(2). Hal.43.

Hastanti, R.P., B.E. Purnama, dan I.U. Wardati. 2015. “Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitanâ€. Jurnal Bianglala Informatika. 3. Hal.1.

Hermawan, R., A. Hidayat, dan V.G. Utomo. 2016. “Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mangajar Berbasis Web (Studi Kasus : Yayasan Ganesha Operation Semarang)â€. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE). 2. Hal.33.

Himawan, A. Saefullah, dan S. Santoso. 2014. “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptifâ€. Scientific Journal of Informatics. 1. Hal.53.

Kadir, A. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. [online]. Tersedia di: https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Diakses 1 Mei 2018.

Koespradono, Suraya, dan Y. Rachmawati. 2013. “Sistem Informasi Pengolahan Data Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Di Kabupaten Klaten (Tahun 2003-2012) Menggunakan Framework Codeigniterâ€. Jurnal SCRIPT. 1(1). Hal.49.

Kusuma, W.F. 2015. “Pengembangan Halaman Web Menggunakan XML Dalam Perkembangan Web 2.0â€. Jurnal Teknik Informatika.

Ladjamudin, A.B. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lipursari, A. 2013. “Peran Sistem Informasi Manajemen (SIM) Dalam Pengambilan Keputusanâ€. Jurnal STIE Semarang. 5. Hal.28.

Minarni, dan Susanti. 2014. “Sistem Informasi Inventory Obat Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padangâ€. Jurnal Momentum. 16(1). Hal.105.

Nurasiah. 2014. “Perencanaan Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran Uang Kuliah Dengan Metode SDLC Waterfallâ€. Jurnal Teknologi dan Rekayasa. 19(3). Hal.74.

Octafian, D.T. 2015. “Web Multi E-Commerce Berbasis Framework CodeIgniterâ€. Jurnal Teknologi dan Informatika (TEKNOMATIKA). 5(1). Hal.2.

Palit, R.V., Y.D.Y. Rindengan, dan A.S.M. Lumenta. 2015. “Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Melalayangâ€. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer. 4(7). Hal.2.

Pradana, M. 2015. “Klasifikasi Jenis-jenis Bisnis E-Commerce Di Indonesiaâ€. Jurnal Neo-bis. 9. Hal.32.

Prasetyo, A. dan R. Susanti. 2016. “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitarâ€. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia ASIA (JITIKA). 10. Hal.1.

Prasetyo, B., T.J. Pattiasina, dan A.N. Soetarmono. 2015. “Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Gudang (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Area Surabaya Baratâ€. TEKNIKA. 44(1). Hal.13.

Putri, S.A. 2014. Rancang Bangun Sistem E-Commerce Furniture Pada CV. Rahmay Gallery Demak. Laporan Tugas Akhir. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Rahmad, M.B., dan T. Setiady. 2014. “Perancangan Sistem Informasi Inventory Spare Part Elektronik Berbasis Web PHPâ€. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. 2(2). Hal.1333.

Riska, Harihanto, dan A. Nurmanina. 2013. “Studi Tentang Penggunaan Interne Oleh Pelajar (Studi Pada Penggunaan Internet Oleh Pelajar SMP N 1 Samarinda)â€. eJournal Sosiatri-Sosiologi. 1(4). Hal.37-49.

Suharsana, I.K., IGP W.W. Wirawan, dan N.L.S.K. Yuniastari S. 2016. “Implementasi Model View Controller Dengan Framework Codeigniter Pada E-Commerce Penjualan Kerajinan Baliâ€. Jurnal Sistem dan Informatika. 11(1). Hal.21-22.

Sukamto, R.A., dan Shalahudin, M. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Yolan, D., dan Mansuri. 2015 “Sistem Informasi Pariwisata Propinsi Nangroe Aceh Darussalam Berbasis Webâ€. Jupiter. 1(1). Hal.32-39.

Yuliawan, Y., M.J.D. Sunarto, dan T. Soebijono. 2013. “Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Konferens Jawa Kawasan Timur Berbasis Webâ€. Jurnal Sistem Informasi (JSIKA). 2. Hal.85

Published

11-12-2019