DISEMINASI SMART LEARNING MULTIMEDIA NETWORKS PLATFORM DI YPAC JEMBER UNTUK MENUJU JEMBER KOTA RAMAH DISABILITAS

Penulis

  • Agus Purwadi
  • Moch. Munih Dian W.
  • Khafidurrohman Agustianto

Abstrak

Berbagai upaya dilakukan agar penyandang disabilitas mendapatkan kesetaraan, hal ini sesuai dengan PP Nomor 43 Tahun 1998 pada Bab II Pasal 6 tentang kesamaan kesempatan bagi penyandang cacat diarahkan untuk mewujudkan kesamaan kedudukan, hak, kewajiban dan peran penyandang cacat, agar dapat berperan dan berintegrasi secara total sesuai dengan kemampuannya dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017, jumlah penyandang disabilitas di Kabuaten Jember mencapai 2590 orang. Berdasarkan data Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kabupaten Jember, dari sekian jumlah tersebut, Kecamatan Kaliwates tercatat memiliki jumlah penyandang disabilitas tertinggi dibandingkan kecamatan lainnya di Kabupaten Jember. Permasalahan yang dihadapi secara umum adalah permasalahan sosial dan berdampak langsung terhadap permasalahan ekonomi. Hal ini dikarenakan penyandang disabilitas selalu diidentikkan dengan penyandang masalah kesejahteraan sosial dan ekonomi. Pengabdian ditujukan untuk menyelesaikan masalah penyandang Tuna Grahita, berdasarkan keterangan dari Hj. Sukimah, S.E. selaku ketua yayasan diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa di Yayasan Pembina Anak Cacat (YPAC) merupakan penderita Tuna Grahita. Permasalahan yang ditemukan pada mitra adalah, fasilitas media pembelajaran yang masih terbatas. Pengabdian ini bertujuan mendesiminasikan Smart Learning Multimedia Networks Platform (SLMNP) di YPAC Jember untuk menuju Jember kota ramah disabilitas. Pengabdian ini akan mengembangkan platform SLMN yang ditujukan sebagai media belajar anak penyandang Tuna Grahita. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat pada YPAC Jember ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan mitra dengan: a) meningkatkan pengetahuan mitra mengenai teknologi media pembelajaran, b) meningkatkan keterampilan dalam penguasaan media pembelajaran, c) meningkatkan pelayanan mitra dan d) meningkatkan pendapatan mitra. Sehingga tujuan dari pengabdian untuk mendukung Kab. Jember ramah disabilitas dapat terwujud.

 

Kata Kunci — desiminasi teknologi, disabilitas, kaliwates

Referensi

Gallagher, J. J. (2008). Learning Disabilities and Special Education. Journal of Learning Disabilities, 19(10), 595–601. https://doi.org/10.1177/002221948601901004

Irwanto, Eva Rahmi, K., Asmin, F., Mimi, L., &Okta, S. AnalisisSituasiPenyandangDisabilitas Di Indonesia: Sebuah Desk-Review. , (2010).

MetodePelaksanaanPengabdiankepadaMasyarakat. (2017). https://doi.org/10.17605/OSF.IO/R3EV2

Permatasari, F. D. (2014). PeningkatanKemampuanKonsentrasipadaPembelajaranSeniTariuntukAnakTunagrahita di SLB Negeri 1 SlemanberbasisPermainanTradisional.

Retnaningsih, I., &Hidayat, R. (2012). RepresentasiSosialtentangDisabilitasIntelektualpadaKelompokTemanSebaya. JurnalPsikologi, 39(1), 13–24.

Siti, Y. M. (2014). PengaruhLatihanIdentifikasiObjekterhadapPeningkatanKonsentrasiAnakTunagrahitaRingan. Riset ♦ PengaruhLatihanIdentifikasiObjek ♦ Siti Yuliana JMf_Anakku »Volume 13: Nomor 1 Tahun 2014 |, 13(1), 37–48.

Zhao, Y., & Lu, Z. (2016). Study on the Application of Multimedia Network Teaching Platform in College Physical Education Teaching. International Journal of Signal Processing, Image Processing and Pattern Recognition, 9(4), 193–202. https://doi.org/10.14257/ijsip.2016.9.4.18

Berman, Sigaldan Stern, Helman (2012), “Sensors for Gesture Recognition Systemsâ€, IEEE Transactions on Systems, Man, and Cybernetics – Part C: Applications and Reviews, Vol. 42, No.3, hal. 277-290

RafiuddinSyam. 2015. Seri Buku Ajar Robotika: KinematikadanDinamika Robot Lengan. Makassar: FakultasTeknikUniversitasHasanuddin.

Republik Indonesia. 1998. PeraturanPemerintahRepublik Indonesia Nomor 43 Tahun 1998 TentangUpayaPeningkatanKesejahteraanSosialPenyandangCacat. Sekretariat Negara: Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019