DISEMINASI PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM PENDINGIN DENGAN FLARING KIT TECHNOLOGY BAGI KELOMPOK BENGKEL SERVIS MESIN & AC MOBIL

Authors

  • Ahmad Robiul Awal Udin
  • Aji Seto Arifianto
  • Mochammad Nuruddin

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarkat ini diperuntukkan bagi bengkel rumahan. Dengan aktifitas bengkel meliputi perbaikan atau servis ringan pada mesin dan AC mobil, tune up, kelistrikan dan AC ruangan. Permasalahan mitra adalah alat yang digunakan kurang memadai sehingga dalam sekali proses perbaikan membutuhkan waktu yang lama dan dampaknya terhadap kepuasan dan kualitas hasil perbaikan. Hal ini tentu tidak efektif dan efisien. Disamping itu, tingkat ketrampilan atau skill para karyawan bengkel masih rendah dalam mengoperasikan dan memahami pekerjaan yang akan dilakukan otomatis akan berpengaruh terhadap kredibilitas dan reputasi bengkel dimata konsumen. Kemudian manajemen pengelolaan perbengkelan dan lay out tidak rapi atau terstruktur baik itu penempatan tools maupun area kerja yang membuat persepsi kurang baik dari konsumen. Oleh karena itu, pelaksana pengabdian masyarakat sumber dana PNBP POLIJE bermaksud untuk memberikan solusi berupa bantuan tools, pelatihan dasar perbengkelan/alat sesuai SOP dan manajemen strategi dalam lay out tempat kerja, kemampuan manajerial serta pelayanan untuk konsumen semakin meningkat. Hasil kegiatan akan ini berdampak positif bagi mitra karena dapat meningkatkan produktifitas dari segi perekonomian maupun tercapainya suasana nyaman dan aman dalam bekerja di bengkel yang berujung pada peningkatan kepercayaan pelanggan tidak ragu memilih bengkel yang tepat untuk memperbaiki permasalahan pada kendaraan dan AC mobil mereka.

 

 

Kata kunci— Pengabdian Masyarakat, Bengkel AC, Flaring tools, Pipe Binder Portable

References

Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XI tahun 2017, KEMENRISTEKDIKTI 2017

BPS Kabupaten Jember. 2017. Jember Dalam Angka Tahun 2017. BPS Kabupaten Jember. Jember.

Maran, Z.D. Mendongkrak Kinerja Bisnis Bengkel Roda 4. 2010. Kementerian Peralatan Bengkel Otomotif. P4TK TEDC Bandung.

Iqbal, Muhammad. Mendongkrak Kinerja Bisnis Bengkel Roda 4. 2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan P4TK TEDC Bandung.

Tim, KSS. Mengelola Bengkel Mobil. Dinamika Media. Jakarta. 2012. PT. Elex Media Kompetindo. Jakarta

Published

11-12-2019