PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Penulis

  • Alfi Hidayatu Miqawati
  • Fitri Wijayanti
  • Siti Aisyiyah

Abstrak

Menulis karya ilmiah merupakan sebuah kegiatan yang memerlukan keterampilan yang kompleks. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra terkait rendahnya pengetahuan dan keterampilan menulis, terutama karya tulis ilmiah. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di kabupaten Bondowoso. Pelatihan dan pendampingan dilakukan secara intensif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra. Hasil asesmen proses (portofolio) dan asesmen hasil (tes) menunjukkan hasil yang positif sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan dan pengetahuan mitra dalam menulis karya tulis  ilmiah meningkat.

 

Kata Kunci— karya tulis ilmiah, sekolah menengah kejuruan, keterampilan menulis

Referensi

Sugiyono. Metode Pendidikan Pendektan Kuantitatif, Kulitatf, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008

Dwijayanti, R., Marlena, N., Patrikha, F.D., Parjono.. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Vol. 1(2) hal. 249-266, 2017.

Kalidjernih, F. K. Penulisan Akademik. Bandung: Widya Aksara Press, 2010.

Hartley, J. Academic Writing and Publishing. USA: Routledge Taylor & Francis Group, 2008.

Miqawati, A. H. Peer Assessment Practices in Indonesian Higher Education:The Students’ Views. Journal of English in Academic and Professional Communication. 5 (2) page 57 – 64, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019