PENERAPAN TEKNOLOGI LOKAL MESIN PEMBUAT ADONAN ROTI BERKUALITAS (QUALITY BREAD DOUGH) UNTUK PEMBERDAYAAN DAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL ROTI

Penulis

  • Anang Supriadi Saleh
  • Agus Santoso
  • Yossi Wibisono

Abstrak

Usaha roti mempunyai prospek yang cerah di Indonesia, khususnya di kota Jember karena roti merupakan makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, banyak disukai oleh kalangan anak-anak sampai kalangan orang dewasa, bahkan banyak orang mengganti sebagian makanan pokok dengan mengkonsumsi roti sehingga kebutuhannya semakin lama semakin meningkat. Industri kecil mitra UD Sarila yang terletak di Dusun Gebang, Jember, bergerak dalam usaha pembuatan roti, industri ini memiliki permasalahan yang  hampir sama dengan industri kecil roti lainnya yaitu sering dan saat ini mengalami kendala dalam pembuatan adonan roti. Mesin pembuatan adonan yang dibeli dari pabrikan di pasaran kurang memuaskan dalam mencampur adonannya, sering rusak, harganya mahal, dan perbaikannya lebih sulit. Penggunaan tenaga kerja pada pekerjaan ini kurang efisien karena memerlukan tenaga beras, semakin sulitnya mencari tenaga kerja, kapasitas produksi sulit ditingkatkan. Tujuan usulan pengabdian ini adalah untuk memberdayakan industri kecil roti di UD. Sarila, Gebang, Jember, melalui penerapan teknologi lokal mesin pembuat adonan roti yang lebih berkualitas, efisien, mudah didapat, mudah perawatannya, dan harganya terjangkau, tidak tergantung pada teknologi import, teknologi ini juga memberdayakan usaha bengkel di sekitarnya. Hasil kemajuan yang dicapai pada kegiatan ini adalah telah menyelesaikan pembuatan teknologi lokal mesin pembuat adonan roti. Pada kegiatan ini telah dilakukan ujicoba laboratorium dan produksi dalam skala kecil untuk melihat kelayakan mesin. Hasil pengujian menunjukkan mesin ini mampu menghasilkan adonan dengan kualitas yang lebih baik sesuai dengan yang diharapkan. Tahapan selajutnya adalah akan dilakukan pelatihan pengoerasian dan perawatan mesin, proses pembuatan roti, dan pelatihan manajemen.

 

Kata kunci: : teknologi lokal; mesin; pengaduk; adonan roti; industri kecil

Referensi

Koeswara S . 2009. Teknologi Pengolahan Roti. eBookPangan.com (pp 9-10)

Orin Ad. 2017. Pengaruh Teknik Mengaduk Adonan Terhadap Kualitas Roti Tawar. Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. (pp 9)

Susilo E 2005. Perancangan Dan Pembuatan Mesin Pengaduk Adonan Roti Tawar (Bagian Statis). Program Studi Diploma Iii Teknik Jurusan Teknik Mesin Program Studi Teknik Universitas Jember (pp. 76-78)..

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019