PENERAPAN SISTEM PEMASARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMICAL ORDER QUANTITY (EOQ) PADA USAHA SUWAR-SUWIR DOHO DI KABUPATEN JEMBER

Penulis

  • Ardhitya Alam Wiguna
  • Rizal Perlambang CNAWP
  • Luluk Cahyo Wiyono

Abstrak

Berkembangnya teknologi informasi membuat banyak perubahan dalam dinamika kehidupan manusia. Peradaban dan tata sosial manusia juga berubah sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Dampak dari perkembangan teknologi informasi membuat UMKM juga mengalami perubahan. Sistem pemasaran yang dahulu hanya dikenal dari mulut ke mulut kini berkembang cepat dengan sistem pemasaran online. Dengan menggunakan sistem pemasaran online diharapkan dapat menambah omset penjualan dan menciptakan iklim penyerapan tenaga kerja pada lingkungan sekitar. Selain sistem pemasaran yang cepat berubah, perusahaan juga perlu mempertimbangkan aspek produksi. Produksi merupakan suatu komponen yang tidak bisa dipisahkan. Pengolahan dari bahan baku menjadi produk jadi merupakan suatu rutinitas yang harus dijalankan demi menjaga kredibilitas perusahaan. Oleh karena itu perlu suatu manajemen persediaan terhadap ketersediaan bahan baku. Dengan ketersediaan bahan baku yang cukup perusahaan dapat terus melakukan proses produksi tanpa terganggu oleh keterbatasan dari bahan baku itu sendiri.

 

Kata kunci — Manajemen Persediaan, Pemasaran Online, Suwar-Suwir Doho.

Referensi

Harjito, D. Agus. 2013. Manajemen Keuangan Edisi Kedua. Yogyakarta. Ekonista .

Sartono, R. Agus. 2017. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi Keempat. Yogyakarta. BPFE.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta : PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Serbagadget, Pusat Informasi Teknologi, 2019, http://www.serbagadget.id/gadget-price/asus/item/4445-zenfone-max-m1-zb555kl/diakses pada 12 mei 2019.

Lembaga Lembaga Riset Penghubung Sektor Bisnis dan Pemerintah untuk Meningkatkan Daya Saing Indonesia (Forbil Institute). 2017. Cyber-Physical System : Remote Control era revolusi industri 4.0. http: // forbil.org/id/article/159/cyber-physical-system-remote-control-era-revolusi-industri-40 [13 Mei 2019].

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019