PENINGKATAN KOMPETENSI KADER DALAM PEMBUATAN LAPORAN POSYANDU BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Penulis

  • Atma Deharja
  • Sustin Farlinda
  • Maya Weka Santi

Abstrak

Posyandu Catleya 14 merupakan Posyandu dengan strata mandiri yang terletak di Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, diketahui bahwa pada format register bayi terlihat jika tulisannya tidak rapi serta penulisan perkembangan riwayat bayi yang memiliki gizi buruk maupun yang mendekati gizi buruk hanya diberi tanda segitiga merah dan menumpuk dengan hasil penimbangan sehingga para ibu kesulitan memahami maksud dari catatan perkembangan anak mereka. Hasil pendokumentasian laporan yang ada saat ini masih berupa data yang dicatat secara manual dalam buku Sistem Informasi Posyandu atau SIP. Jumlah data yang cukup banyak serta macam buku yang lebih dari satu dan terkadang datanya juga terpisah-pisah, memungkinkan adanya data ganda dan memerlukan waktu yang lama untuk merekap data tersebut. Selain itu dalam proses pencarian data juga membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus membuka arsip satu persatu serta kondisi tulisan yang mulai buram dan tidak jelas termakan waktu belum lagi jika datanya hilang maka akan menimbulkan masalah yang nantinya akan berdampak pada keaktifan ibu dalam kegiatan posyandu karena mereka tidak memiliki bukti mengenai riwayat kesehatan mereka. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pemberian penyuluhan, diskusi, simulasi dan evaluasi. Luaran kegiatan ini dalah meningkatnya pengetahuan dan kreatifitas kader Posyandu Catleya 14 terutama dalam penggunaan software Ms. Office dan Ms. Excel dalam kegiatan pencatatan dan pelaporan kesehatan ibu dan anak dalam kegiatan Posyandu sehingga proses pendokumentasian dan pelaporan kegiatan di Posyandu Catleya 14 dapat berjalan dengan optimal. 

 

Keywords—Kohort Ibu dan Bayi, Posyandu, SIP

Referensi

Departemen Kesehatan RI.2009.Imunisasi Dasar Rutin Serta Kesehatan Ibu dan Anak Bagi Kader, Petugas Lapangan dan Organisasi Kemasyarakatan.

Kementerian Kesehatan RI.2012.Ayo Ke Posyandu Setiap Bulan.Pusat Promosi Kesehatan. Jakarta.

Novelia, M.N.R.2014. Analisis dan Perancangan Aplikasi Pengingat Waktu Imuisasi pada Bayi di Puskesmas Gondokusuman 1 Yogyakarta. Jurusan Sistem Informasi, Perguruan Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM. Yogyakarta.

.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019