PELATIHAN PERBANYAKAN ORGANISME TANAH JAMUR Metharizium SEBAGAI AGEN PENGENDALI HAMA Lepidiota stigma DI SMKN 4 BONDOWOSO

Penulis

  • Tri Candra Setiawati Fakultas Pertanian Universitas Jember
  • Basuki Basuki
  • Niken Sulistyaningsih

Abstrak

SMKN 4 merupakan sekolah kejuruan yang berada di kabupaten Bondowoso, salah satu Bidang keahlian yang ditawarkan untuk siswa yaitu Agribisnis dan Agroteknologi. Bidang keahlian ini menuntut adanya kesiapan laboratorium yang baik, siswa yang mempunyai skill terhadap hal yang praktis di lapang, serta kemampuan untuk mengembangkan sumberdaya yang ada di alam terutama sebagai pengendali patogen tanah guna mendukung program dari Kabupaten Bondowoso. Kelemahan dari SMKN 4 berkaitan dengan ketercapain bidang keahlian antara lain ketrampilan praktis siswa untuk mengamati dan menentukan tanah sebagai media tumbuh dilapang belum terpenuhi, selain itu juga pemanfaatan sumberdaya genetis di tanah yang dapat digunakan untuk mengatasi patogen tanah yang menyebabkan tanah kurang subur dan menurunkan produktivitas tanah dan hasil.  Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan ketrampilan siswa terhadap aspek praktis pemanfaatan sumberdaya alam untuk mengurangi patogen tanah. Kegiatan didilaksanakan dengan metode pemberian materi praktek pemanfaatan organisme tanah. Sasaran kegiatan adalah siswa yang mengambil bidang keahlian Agribisnis dan Agroteknologi. Kegiatan praktek yang diberikan kepada siswa adalah pemanfaatan organisme tanah yang menguntungkan sebagai pengendali hama/patogen yang banyak ditemui di tanah-tanah muda (tanah entisoll, inceptisol, dan andisol) seperti hama uret. Jenis tanah ini merupakan jenis tanah yang hampir 70% ditemukan di Kabupaten Bondowoso.  Kegiatan ini dapat dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan, yaitu : 1). melaksanakan koordinasi dengan mitra, 2). menghimpun dan membuat materi pelatihan, 3). Sosialisasi Hama Lepidiota Stigma Pada Tanaman Tebu, 4). Pelatihan Pembuatan Jamur Metharizium Untuk Pengendali Hama Lepidiota stigma, 5). Pelatihan Packaging Jamur Metharizium.

 

Kata Kunci :, Lepidiota stigma , Metharizium, Tanah.

Referensi

Friska Kalia. 2015. Bondowoso Pede Jadi Masa Depan PertanianIndonesia.https://kbr.id/nusantara/092015/bondowoso_pede_jadi_masa_depan_pertanian_indonesia/75567.html. Diakses Tanggal 7 Mei 2019 Pukul 12.38 WIB.

wikipedia.org. 2019.Kabupaten Bondowoso. https: // id. wikipedia. org/wiki/Kabupaten_ Bondowoso. diakses tanggal 9 Mei 2019 pukul 11.30.

Diterbitkan

11-12-2019