DESIGN DAN APLIKASI FLASHDISK INTERKATIF BAHASA INGGRIS UNBK BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DI SMK TRUNOJOYO

Penulis

  • Cholimatus Zuhro Politeknik Negeri Jember
  • Beni Widiawan
  • Agus Setia Budi

Abstrak

SMK TRUNOJOYO Jember berdiripada tahun 1960 dengan nomor SK 42103/74/10809/2002 dan merupakan lembaga pendidikan menengah kejuruan swasta yang cukup besar di Jember dan melakukan proses belajar mengajar dengan baik berstatuskan akreditasi B. SMK TRUNOJOYO JEMBER ini telah melaksanakan UNBK tiga kali selama tahun 2017-2019. Berdasarkan informasi dari Waka Kurikulum rekapan data rata-rata nilai Bahasa Inggris UNBK sangat memperhatinkan. Nilai rata-rata Bahasa Inggris pada tahun 2017 adalah  34,18, pada tahun 2018 adalah 35,19 dan tahun terakhir ini 2019 adalah 34,70. Hal ini masih sangat jauh dari harapan Dinas Pendidikan dan persyaratan masuk Perguruan tinggi jika nilai UNBK menjadi sebuah persyaratan. Untuk meningkatkan nilai UNBK mata pelajaran bahasa inggris, maka salah satu upaya adalah diperlukan latihan UNBK dalam bentuk simulasi seperti kondisi UNBK yang nyata. Simulasi pelaksanaan UNBK ini penting dilakukan karena masa transisi dari paper based menjadi computer baseddan mengingat metode pengajaran lebih banyak menggunakan text book kurang menarik para siswa untuk giat belajar dan guru belum optimal dalam menyampaikan materi yang bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) terutama dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil survey dan analisa di SMK TRUNOJOYO JEMBER maka ditawarkan Design dan Aplikasi  Flashdisk interkatif Bahasa Inggris UNBK yang bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMK TRUNOJOYO JEMBER dan pelatihan penggunaan  Flashdisk interkatif Bahasa Inggris UNBK bagi para siswa yang akan menghadapi UNBK dan pelatihan soal HOTS bagi para guru bahasa Inggris di SMK TRUNOJOYO JEMBER.

 

Kata Kunci— Higher Order Thinking Skills (HOTS),  Flashdisk interkatif, UNBK, Bahasa Inggris, siswa

Referensi

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko, 2001,.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia,Edisi. II.BPFE Yogyakarta : Yogyakarta. Matthis,Robert.L dan Jackson.

Houghton, Robert S. 2004. Rationale for Multimedia Use and Instruction in Education. Retrieved October 10, 2008 from http://ceap.wcu.edu/houghton/MM/rationale/RationaleMMp1.html

Dokumen Waka Kurikulum SMK TRUNOJOYO JEMBER 2017-2019

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019