IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM INFORMASI PENENTUAN MENU MAKAN BALITA DI RUMAH INSPIRASI DESA SUMBERSALAK KECAMATAN LEDOKOMBO JEMBER

Penulis

  • Dahlia Indah Amareta Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Jember
  • Prawidya Destarianto
  • Rindiani Rindiani

Abstrak

Rumah Inspirasi merupakan wadah dimana anak dan orang tua di Desa Sumbersalak berkumpul dan bekerja sama untuk melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat. Salah satu kegiatan pemberdayaan adalah dengan penyampaian berbagai informasi melalui pertemuan rutin Rumah Inspirasi yang sering berafiliasi dengan Komunitas Tanoker, LSM maupun institus pendidikan. Dari survey awal di Rumah Inspirasi ditemukan permasalahan besarnya status gizi kurang balita di wilayah Sumbersalak berdasar indikator BB/U. Walaupun ibu-ibu telah banyak mengikuti berbagai pelatihan pengolahan makanan, namun mereka masih belum bisa mengukur apakah makanan yang diberikan kepada balitanya sudah memenuhi kebutuhan gizi atau tidak. Berdasarkan kondisi ini Tim Pengusul Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Jember mengajukan Sistem Informasi Penentuan Menu Makan Balita berdasarkan kebutuhan energi.Tujuannya adalah untuk membantu ibu rumah tangga yang memiliki balita dalam penentuan menu makanan bagi balita. Metode pelaksanaan meliputi analisis permasalahan, analisis kebutuhan, perancangan  dan pembuatan desain, model dan system, implementasi, pendampingan, serta maintenance. Kegiatan pengabdian ini telah menghasilkan Aplikasi Penentuan Menu Makan Balita berdasar perhitungan energi yang berisi menu 3 hari dan resep. Aplikasi ini dapat dipergunakan bagi anggota Komunitas Rumah Inspirasi dalam membuat alternatif menu bagi balitanya. Pelaksanaan monitoring setiap tiga bulan sekali perlu dilakukan guna untuk maintenance sistem.

 

Kata Kunci — aplikasi, kebutuhan energi balita, menu, sistem informasi

Biografi Penulis

Dahlia Indah Amareta, Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Jember

Sekretaris Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Jember

Referensi

Adriani, M & B. Wirjatmadi. 2014. Gizi dan Kesehatan Balita (Peranan Mikrozinc pada Pertumbuhan Balita). Jakarta: Kencana Prenadamedia

Al Fatta , Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Bejarano, I. F, Carillo.A.R, Dipierri.J.E, Roman, E.M, Abdo, G. 2014. Composite Index of Anthropometric Failure and Geographic Altitude in Children from Jujuy (1 to 5 years old). Arch argent pediatric 2014;112 (6). p: 526-31.

Hartono, J. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan, Terstruktur

Teori, dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Dewi, Shanty Kusuma dan Annisa Kesy Garside. 2014. Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Penjualan Pada Home Industry Abon. Jurnal Teknik Industri, Vol. 15, No. 2, Agustus 2014: 170–181. Universitas Muhammadiyah Malang.

Pusat Data dan Infomasi. Situasi Balita Pendek. Kementerian Kesehatan RI. 2016

Turban, E. 2010. Infromation technology for Management Transforming Organizations in the Digital Economy. New Jersey : Wiley and Sons.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019