PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TERINTEGRASI DAN E-COMMERSE PADA UNIT USAHA KIOS BUAH PANDAWA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

Penulis

  • Dhanang Eka Putra
  • Dwi Putro Sarwo Setyohadi
  • Victor Wahanggara

Abstrak

Salah satu UMKM yang bergerak pada penjualan buah segar dan olahannya adalah Jus Buah Pandawa. Berbagai produk Jus Buah Pandawa yang berlokasi di area kampus di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember ini banyak diminati oleh konsumen. Selain menawarkan berbagai macam olahan jus buah dengan harga yang murah, Jus Buah Pandawa juga menjual berbagai macam buah segar yang sebagian produknya berasal dari hasil perkebunan sendiri. Dengan berkembangnya.teknologi informasi, pemilik Jus Buah Pandawa juga melakukan pengembangan pelayanan berbasis transaksi on-line, salah satunya adalah kerja sama dengan penyedia jasa pembayaran YAP! dan pembelian produk melalui jasa ojek on-line. Berdasarkan hasil survey, penggunaan jasa ojek on-line memberikan dampak kenaikan omset penjualan sebesar 30%. Namun, penggunaan jasa ojek on-line beberapa kali menemui masalah. Pemesanan fiktif yang dilakukan oleh driver ojek on-line juga dialami pengelola Jus Buah Pandawa. Dengan bukti pembayaran yang masih ditulis tangan/manual, sering kali oknum driver ojek on-line memanipulasi nota pembayaran dari jus buah pandawa. Hal ini mengakibatkan munculnya tagihan fiktif yang harus dibayar oleh pengelola Jus Buah Pandawa. Berdasarkan permasalahan tersebut, melalui kegiatan pengabdian ini, akan dibuat sebuah aplikasi sistem informasi terintegrasi. Setiap transaksi penjualan akan tersimpan di database dengan nomor transaksi tertentu. Bukti pembayaran juga akan dicetak menggunakan printer thermal sehingga tidak dapat dimanipulasi oleh oknum driver ojek on-line. Melalui program pengabdian ini juga akan dibuat situs e-commerse untuk penjualan produk buah Pandawa. Nantinya, pelanggan dapat melihat update buah yang tersedia di toko, promo/diskon penjualan, serta  melakukan order buah melalui web-site.

 

Kata Kunci —mikrokontroler, e-commerse, UMKM

Referensi

Al Fatta , Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Hartono, J. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan, Terstruktur Teori, dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Kotler, Phillip. 2000. Marketing Management , Prentice Hall, New Jersey.

Kusuma Dewi, Shanty dan Annisa Kesy Garside. 2014. Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Penjualan Pada Home Industry Abon. Jurnal Teknik Industri, Vol. 15, No. 2, Agustus 2014: 170–181. Universitas Muhammadiyah Malang.

Turban, E. 2010. Infromation technology for Management Transforming Organizations in the Digital Economy. New Jersey : Wiley and Sons.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019