DISEMINASI TEKNOLOGI DIGITAL COMPONENT BOX DAN SISTEM INFOMASI PENJUALAN KOMPONEN ELEKTRONIK PADA UMKM HAMIZAN TEKNIK

Authors

  • Husin Husin
  • Hendra Yufit Riskiawan Politeknik Negeri Jember (Author Scopus ID : 57194067448)
  • Lukie Perdanasari

Abstract

Perkembangan industri elektronik pada era industri 4.0 ini menghadirkan banyak peluang usaha. Dari peluang usaha desain dan pembuatan perangkat elektronika  kustom, jasa servis dan perawatan barang elektronik, dan juga penjualan/distribusi komponen elektronika. Salah satu UMKM yang beroperasi di area Jember adalah Toko Hamizan Teknik. Hamizan Teknik merupakan toko penjualan komponen elektronik secara on-line dan off-line yang berlokasi di Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Bergerak dalam bidang penjualan komponen elektronik memiliki permasalahan tersendiri. Banyak varian komponen elektronik yang memiliki tipe yang berbeda, namun dikemas dalam kemasan yang seragam. Seringkali, untuk melayani pemesanan dengan berbagai macam komponen, penjual membutuhkan waktu yang lama untuk mencari komponen satu-persatu. Dari permasalahan tersebut, melalui program pengabdian, akan dilakukan diseminasi teknologi digital electronic box untuk membantu menyelesaikan permasalahan mitra. Digital electronic box merupakan kotak komponen yang dilengkapi indikator pada tiap slot kotak penyimpianan dan terhubung dengan komputer. Untuk mencari komponen, penjual cukup memasukkan nama komponen yang dibutuhkan. Hal ini akan mempercepat proses pencarian komponen untuk proses penjualan. Selain itu, akan dibuat aplikasi desktop untuk sistem informasi penjualan komponen dan sebuah aplikasi penjualan berbasis website juga dibuat untuk meningkatkan promosi.

 

Kata Kunci—mikrokontroler, e-commerse, UMKM

References

Al Fatta , Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Hartono, J. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan, Terstruktur Teori, dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Kotler, Phillip. 2000. Marketing Management , Prentice Hall, New Jersey.

Kusuma Dewi, Shanty dan Annisa Kesy Garside. 2014. Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Penjualan Pada Home Industry Abon. Jurnal Teknik Industri, Vol. 15, No. 2, Agustus 2014: 170–181. Universitas Muhammadiyah Malang.

Turban, E. 2010. Information technology for Management Transforming Organizations in the Digital Economy. New Jersey: Wiley and Sons.

Published

11-12-2019