PENGEMBANGAN USAHA WIRAUSAHAWAN MUDA MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI DAN GOOD MANUFACTURING PRACTICE (GMP) SERTA MANAJEMEN KEUANGAN PADA USAHA PEMPEK NDIRA DI KABUPATEN JEMBER

Penulis

  • Linda Eka Dewi
  • Guntur Pribadi
  • Cholyubi Yusuf

Abstrak

Program pengabdian masyarakat ini dilakukan pada Usaha atau Industri Rumah Tangga Pempek Ndira di Kabupaten Jember. Kegiatan program pengabdian masyarakat ini meliputi kegiatan yaitu: (1) Peningkatan kapasitas produksi usaha mitra melalui penerapan dan pendampingan penggunaan teknologi alat pengaduk adonan (mixer) dan alat pengemasan produk vacuum sealer; (2) Sosialisasi dan pendampingan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT) atau Good Maufacturing Practice (GMP) kepada mitra; (3) Sosialisasi, pelatihan dan pendampingan manajeman keuangan kepada mitra untuk pencatatan transaksi keuangan, perhitungan analisis usaha dan penyusunan laporan keuangan sesuai Standart Akuntansi Keuangan (SAK) usaha mikro; (4) Kegiatan pendampingan pengembangan pemasaran kepada mitra untuk produk pempek frozen. Luaran dari program pengabdian masyarakat ini antara alain adalah: (1) Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat pada Prossiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember yang ber ISBN; (2) Melakukan publikasi hasil program Pengabdian kepada Masyarakat pada media online; (3) Video Kegiatan Pengabdian; (4) Peningkatan keberdayaan mitra yaitu peningkatan pengetahuan mitra tentang GMP dan Manajemen Keuangan, peningkatan keterampilan, peningkatkan kualitas produk, peningkatan jumlah dan kapasitas produksi, peningkatan jumlah asset, peningkatkan omset penjualan mitra, serta peningkatan keuntungan usaha mitra.

 

Kata Kunci — GMP, Manajemen Keuangan , Pempek, Produksi

Referensi

Suryaningrum, T.D., dan Muljanah, I. “Prospek Pengembangan Usaha Pengolahan Pempek Palembangâ€. Jurnal Squalen. Vol. 4 No. 1, Mei 2009. Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan.

Nur, M. 2009. “Pengaruh Cara Pengemasan, Jenis Bahan Pengemas dan Lama Penyimpanan terhadap Sifat Kimia, Mikrobiologi, dan Organoleptik Sate Bandeng (Chanos chanos)â€. Jurnal Teknologi dan Industri Hasil Pertanian, Vol. 14, No. 1, Maret, 2009. Lampung: Jurusan Teknologi Hasil Pertanian. Universitas Lampung.

Agustini, S. 2012. Peningkatan Proses dan Pengemasan Pempek Palembang (Frozen Pempek) untuk Ekspor. Malang: Teknologi Industri Pertanian. Universitas Brawijaya.

BPOM RI. 2012. Peratauran Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK. 03.1.23.04.12.2206 Tahun 2012, tentang Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga.

Al. Harjono, Jusup. 2011. Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019