PEMBERDAYAAN KWT RAHAYU DESA DAWAGUNG MELALUI BUDIDAYA BEBERAPA KOMODITAS HORTIKULTURA DENGAN KONSEP RUMAH PANGAN LESTARI

Penulis

  • Nasrudin Nasrudin Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Siti Nurhidayah

Abstrak

Pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan Desa Dawagung untuk potensi pertanian mampu mencukupkan kebutuhan pangan khususnya untuk skala rumah tangga melalui konsep rumah pangan lestari (RPL). Tujuan kegiatan ini yaitu untuk untuk mengedukasi masyarakat Desa Dawagung utamanya yang bergabung dalam KWT dalam hal penerapan budidaya pertanian yang baik (Good Agricultural Practices). Adapun kegiatan yang dilakukan pada kegiatan ini yaitu pembibitan tanaman hortkultura seperti bawang dayak, cabai, sawi, dan mentimun selain itu dilakukan sosialisasi dan diskusi, serta praktik pembuatan pupuk organik cair dari urin kelinci yang disebut dengan Rabbit LOF dan kompos untuk dijadikan bahan nutrisi bagi tanaman. Masyarakat Desa Dawagung dan anggota KWT Rahayu meningkat untuk berpartisipasi dalam pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan desa untuk ditanami tanaman hortikultura.

 

Kata Kunci — Cabai, KRPL, Pekarangan dan Pertanian.

Referensi

Kementerian Pertanian. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kementerian Pertanian: Jakarta.

Purwantini. 2012. Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kabupaten Pacitan: Analisis Dampak dan Antisipasi ke Depan. Analisis Kebijakan Pertanian 10(3): 239-256.

E. D. Nugraheni dan Paiman. 2010. Pengaruh Konsentrasi dan Frekuensi Pemberian Pupuk Urin Kelinci terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat (Lycopersicum esclentum Mill.). Artikel Ilmiah. Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas PGRI Yogyakarta: Yogyakarta.

Saefudin. 2009. Cara Pembuatan Pupuk Organik dari Urin Kelinci. BP3K Bansari: Temanggung.

Nasrudin. 2014. Pengaruh Frekuensi dan Penambahan Konsentrasi Urin Kelinci terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Melon dalam Sistem Hidroponik. Skripsi. Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman: Purwokerto.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019