PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGGUNAAN GADGET SECARA SEHAT PADA SISWA-SISWI SMPIT AL GHOZALI JEMBER

Authors

  • Nugroho Setyo Wibowo
  • Feby Erawantini
  • Zora Olivia

Abstract

Gadget sudah menjadi sumber belajar bagi para pelajar. Hampir keseluruhan mengenai pelajaran semua sudah tersedia di dalam Gadget. SMPIT Al Ghozali Jember telah menerapkan teknologi informasi dalam pelaksanaan belajar mengajar. Siswa-siswi telah menggunakan sistem pembelajaran secara elektronik sejak tahun 2018 yaitu dengan e-learning. Siswa-siswi SMPIT dapat mengakses materi, mengumpulkan tugas serta diskusi online dengan gadget masing-masing. Namun di sisi lain teknologi juga memberikan dampak negatif, yaitu dampak fisik, dampak sosial dan dampak akademis Selusi untuk mengatasi masalah mitra yaitu denga solisi fisik meliputi menerapkan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja saat menggunakan gadget seperti menjaga jarak pandang, Sering berkedip, istirahatkan mata, atur tanpilan layer, Jaga kebersihan layar, menggunakan Screen Protector pada layar ponsel. Cara mengatasi dampak sosial yaitu memberikan pemahaman pada peserta didik akan nilai manfaat yang bisa diambil dari penggunaan gadget dan perlu dijelaskan pula kerugian-kerugian penggunaan gadget yang tidak tepat. Penjelasan kepada peserta didik berlandaskan nilai-nilai Islam. Permeningkatkan peran guru Bimbingan dan Konseling juga sangat penting. Dampak akademis dapat diselesaikan dengan menggunakan gadget di sekolah semaksimal mungkin untuk mendukung kegiatan akademis. Kegiatan dilaksanakan selama 7 bulan mulai Juni sampai dengan Desember 2019. Kegiatan yang dilakukan yaitu Indentifikasi Permasalahan Penggunaan Gadget di SMPIT Al Ghozali Jember, Memahami Karakteristik SMPIT Al Ghozali Jember dengan landasan Agama Islam, Identifikasi Sarana dan Prasarana TIK di SMPIT Al Ghozali Jember, Memberikan Pendampingan dalam membuat aturan penggunaan Gadget di Sekolah, Mengatur pembatasan konten, Memberikan pemahaman pada Peserta Didik tentang nilai manfaat dan Kerugian Penggunaan Gadget, Pelatihan Penggunaan Gadget dengan Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

 

Kata Kunci — Gadet, Pendidikan, Pelatihan, Siswa, SMPIT Al Gozali Jember.

References

N. Jannah, “Gadget sebagai Sumber Pendidikan,†Geotimes, 2018. [Online]. Available: https://geotimes.co.id/opini/gadget-sebagai-sumber-pendidikan/.

L. Ayu, “Dampak Penggunaan Smartphone Pada Anak Dibawah Umur,†Kompasiana, 2016. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/luthviaayu/584975e57793736d216e2e69/dampak-penggunaan-smartphone-pada-anak-dibawah-umur.

Madinah, “10 Dampak Buruk Smartphone Bagi Remaja,†Suara.com, 2016. [Online]. Available: https://www.suara.com/tekno/2016/04/11/161520/10-dampak-buruk-smartphone-bagi-remaja.

L. Ayu, “6 Tips Aman Bermain Ponsel agar Tak Ganggu Kesehatan Mata Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ‘6 Tips Aman Bermain Ponsel agar Tak Ganggu Kesehatan Mata’, https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/11/111500120/6-tips-aman-bermain-ponsel-ag,†Kompas, 2018. [Online]. Available: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/11/111500120/6-tips-aman-bermain-ponsel-agar-tak-ganggu-kesehatan-mata?page=all.

T. Elmansyah, “Upaya Mencegah Dampak Negatif Sosial Media Dengan Layanan Informasi Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas,†JBKI (Jurnal Bimbing. Konseling Indones., vol. 2, no. 2, p. 47, 2017.

Y. Medistiara, “Banyak Konten Negatif, Penggunaan Gadget di Sekolah akan Dibatasi,†Detik News, 2018. [Online]. Available: https://news.detik.com/berita/d-4191150/banyak-konten-negatif-penggunaan-gadget-di-sekolah-akan-dibatasi.

Published

11-12-2019