PEMANFAATAN PANGAN LOKAL BERBASIS PISANG BERLIN DENGAN KONSEP ZERO WASTE PROCESS

Penulis

  • Ratih Putri Damayati
  • Ayu Febriyatna
  • Firda Agustin

Abstrak

Desa Cangkring kecamatan Jenggawah menjadi salah satu desa prioritas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember terkait penanggulangan stunting. Alternatif pencegahan dan penanganan stunting ialah dengan perbaikan gizi dengan meningkatkan pengetahuan ibu tentang pengaturan makanan bergizi untuk balita serta pemanfaatan bahan pangan lokal. Tujuan dari pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan stunting melalui peningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengolah pisang Berlin sebagai bahan pangan lokal menjadi olahan pisang dengan konsep zero waste process. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan penyuluhan menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan media modul pelatihan. Kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan pengolahan biskuit pisang dan brownis kulit pisang menggunakan metode demonstrasi. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan untuk mengolah pisang Berlin dengan konsep zero waste process menjadi biskuit pisang dan brownis kulit pisang.

 

Kata Kunci —Musa Acuminata, MP-ASI, Tepung Pisang

Referensi

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta (ID): Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2018.

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Jawa Timur (Bappeda Jatim). Kasus Gizi Buruk Turun. [online] http://bappeda.jatimprov.go.id/2017/07/17/kasus-gizi-buruk-jatim-turun, 2017. Diakses Pada 17 Mei 2019.

Hapsari, L dan Masrum, A. Keragaman dan karakteristik pisang (Musa acuminata) kultivar group diploid AA koleksi Kebun Raya Purwodadi, Prosiding Seminar Nasional Konservasi Tumbuhan Tropika: Kondisi dan Tantangan ke Depan, Kebun Raya Cibodas, LIPI. p225 – 229, 2011.

Hardisson, A., Rubio, C., Baez, A., Martin, M., Alvarez, R., dan Diaz, E. Mineral composition of the banana (Musa acuminata) from the island of Tenerife. Food Chemistry, 73(2): 153-161, 2001.

Menezes, E. W., Tadini, C. C., Tribess, T. B., Zuleta, A., Binaghi, J., Pak, N., Vera G, Dan MCT, Bertolini AC, Cordenunsi BR, dan Lajolo, F. M. Chemical composition and nutritional value of unripe banana flour (Musa acuminata, var. Nanicão). Plant foods for human nutrition. 66(3): 231-237, 2011.

Emaga T, Robert C, Ronkart SN, Wathelet B, Paquot M.. Dietary fibre components and pectin chemical features of peels during ripening in banana and plantain varieties. Biotech. 99:4346-4354., 2001.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019