PELATIHAN ENTREPRENEURSHIP MELALUI BUDIDAYA JAMUR DAN PENGOLAHANNYA UNTUK SISWA-SISWI SMPN 1 KECAMATAN TEGALAMPEL KABUPATEN BONDOWOSO

Penulis

  • Rudi Wardana
  • Liliek Dwi Soelaksini
  • Muqwin Asyim RA

Abstrak

Siswa SMPN 1 Tegalampel terdapat prakarya budidaya sayuran namun budidaya jamur masih belum diperkenalkan, sehingga memungkinkan untuk menambahkan pelatihan budidaya jamur dan pengolahannya menjadi softskills bagi para siswa. Sehingga pada akhirnya dapat menumbuhkan minat pada dunia pertanian dan bekal berwirausaha nantinya. Selain itu sebagian besar siswa berasal dari kalangan tingkat ekonomi menengah ke bawah dan harapannya dapat mandiri secara ekonomi dengan memasarkan produk yang dihasilkan. Berdasarkan hasil survei, terdapat halaman belakang sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kombong sederhana untuk dapat dimanfaatkan untuk budidaya jamur tiram. Solusi yang ditawarkan yaitu memberikan pengetahuan tentang budidaya jamur tiram mulai dari pembibitan, macam media tanam yang dapat berasal dari limbah pertanian, hingga pembuatan mini kombong dengan memanfaatkan halaman yang ada. Selain itu mitra memperoleh keterampilan tambahan, yaitu mampu melakukan pengolahan jamur menjadi nugget. Untuk membentuk perekonomian mandiri maka akan diberikan modul pelatihan budidaya jamur. Serta memberikan motivasi untuk berwirausaha dengan menunjukkan keuntungan yang diperoleh dalam berbudiya jamur tiram. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 20 orang siswa-siswa, dan terbagi menjadi beberapa sesi diantaranya: 1) sosialisasi kegiatan; 2) pembuatan baglog; 3) inokulasi biakan jamur F2 ke baglog; 4) pengolahan jamur tiram (nugget). Pembuatan nugget jamur tiram meningkatkan nilai ekonomi dan daya simpan dari jamur tiram.

 

Kata Kunci—Jamur Tiram, Nugget, SMPN 1 Tegalampel

 

Referensi

Anonim. Tanpa tahun. Cara Membuat Bibit Jamur Tiram F0, F1, F2. http://tiramputihtgl.blogspot.co.id/2012/08/cara-membuat-bibit-jamur-tiram-f0-f1-f2.html (Online: 28 Juli 2018).

Erivaldi. 2012. JAMUR TIRAM. http://bibit-jamur-tiram-sumbar.blogspot.co.id/ 2012_02_01_archive.html (Online: 28 Juli 2018).

Fithrawan Satriyanto. 2010. Pembibitan F0 atau PDA jamur tiram. http://jamursekolahdolan.blogspot.co.id/2010/01/pembibitan-f0-atau-pda.html (Online: 28 Juli 2018).

Muchroji dan Y.A. Cahyana. 2010. Budidaya Jamur Kuping. Penebar Swadaya: Jakarta.

Saputra, A.S., Triana D.H., dan Jani J. 2015. Analisis Efisiensi Usahatani Jamur Tiram (Pleurotus sp) dan Pemasarannya di Kabupaten Jember. Agritop: 195-206

Susilawati, dan B. Raharjo. 2010. PETUNJUK TEKNIS Budidaya Jamur Tiram (Pleourotus ostreatus var florida) yang ramah lingkungan (Materi Pelatihan Agribisnis bagi KMPH). www.forclime.org/merang/50-STE-FINAL.pdf (Online: 28 Juli 2018)

Widyastuti, N dan S. Istini. 2004. Optimasai Proses Pengeringan Tepung Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus). Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia (2): 1-4.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019