PEMBUATAN PERANGKAT APLIKASI BERBASIS IOT UNTUK MENDUKUNG PROGRAM PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DAN SISWA MAN 1 JEMBER DI ERA INDUSTRI 4.0

Authors

  • Alwan Abdurahman
  • Syamsiar Kautsar
  • Syamsul Arifin

Abstract

Pada 5 tahun terakhir, mikrokontroler Arduino mulai jamak digunakan oleh penggiat elektronika tanah air, baik di tingkat siswa maupun mahasiswa. Arduino merupakan open source software dan hardware yang ditunjang dengan berbagai macam contoh code yang tersedia gratis di internet. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam membuat projek-projek elektronika berbasis mikrokontroler. Arduino juga menunjang pengembangan projek berbasis Internet of Think. Namun, terdapat beberapa kendala yang umum dialami oleh pengguna saat awal belajar. Salah satunya adalah contoh code yang tersedia dalam bahasa Inggris. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap contoh code yang diambil dari internet sehingga pengguna mengalami kesulitanuntuk pengembangan aplikasi lebih lanjut.  Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat sebuah pelatihan pembuatan aplikasi berbasis Internet of Things di MAN 1 Jember. Pembelajaran akan dikemas dalam bentuk yang mudah dipahami oleh siswa SMA/sederajat. Perangkat papan elektronik pelatihan dirancang dengan pengkabelan yang minim sehingga memudahkan peserta untuk melakukan konfigurasi berbagai macam devais yang terhubung dengan mikrokontroler Node MCU. Modul pelatihan disusun dalam format bahasa Indonesia yang mudah dipahami. Penjelasan source code juga dilengkapi  dengan ilustrasi yang memudahkan peserta untuk memahami alur pemrograman. Dari hasil pelatihan, diharapkan siswa dapat memahami sintaks pada pemrograman Arduino sehingga dapat memudahkan dalam pengembangan projek-projek elektronika berbasis IoT secara mandiri. Pemilihan MAN 1 Jember sebagai mitra pengabdian dilandasi oleh komitmen MAN 1 terhadap pembelajaran berbasis keterampilan. Salah satunya adalah program keterampilan elektronika sehingga dapat dilakukan penyesuaian dengan perkembangan industri 4.0.

 

Kata Kunci— IoT, NodeMCU, Telegram, mikontroler

References

Pitowarno, Endra, 2005, Mikroprosesor dan Interfacing, Yogyakarta: Andi

Pitowarno, Endra, 2006, ROBOTIKA: Desain , Kontrol, dan Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Andi.

Kadir, Abdul, 2014, Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler, Yogyakarta: PT Andi Publisher.

Kurniawan, Dayat, 2009, ATMega 8 dan Aplikasinya, Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Andrianto, Heri. 2010. Pemrograman Mikrokontroler AVR ATMega16 Menggunakan Bahasa C (CodeVisionAVR), Yogyakarta: Informatika.

Zakaria, Teddy Marcus, dan Agus Prijono. 2007. “Perancangan Antarmuka untuk Interaksi Manusia dan Komputerâ€, Yogyakarta: Informatika.

Published

11-12-2019