PEMBUATAN MEDIA PROMOSI DENGAN TEKNOLOGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN NILAI EKONOMI

Penulis

  • Trismayanti Dwi Puspitasari
  • Zilvanhisna Emka Fitri
  • Renata Kenanga Rinda

Abstrak

Digital marketing merupakan aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik (digital). Keberhasilan Marketing atau penjualan merupakan satu paket kesatuan yang tidak hanya aktivitas promosi secara digital semata tetapi juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu kualitas dari produk yang menarik, inovatif serta cara SDM dalam hal ini pegawai memperlakukan pelanggan dengan baik misalnya dalam hal pelayanan dan ketepatan waktu pembuatan produk. Permasalahan yang terdapat pada mitra yaitu peralatan pendukung yang masih kurang standart dan minim sehingga menghambat proses pembuatan. Kurangnya ilmu pengetahuan SDM tentang kualitas produk “desain†yang baik, pemasaran dari mulut ke mulut perlu adanya dukungan terkait pemasaran dengan “digital marketing†dan komunikasi dengan pelanggan terkait proses pemesanan dan pembayaran belum ada manajemen usaha (SOP) yang jelas. Terkait dengan permasalahan mitra diatas maka perlu adanya dukungan terhadap mitra yaitu Pemberian pelatihan terkait kualitas produk terkait desain yang menarik dan menerapkannya pada katalog produk, Pendampingan dalam pembuatan digital marketing pada social media seperti IG dan Facebook, Pendampingan terkait manajemen usaha, pembuatan SOP kaitannya prosedur pembelian dan pembayaran serta komunikasi dengan pelanggan dan Pemberian bantuan teknologi yang mampu memberikan dukungan terhadap usaha mitra.

 

Kata Kunci — Digital Marketing, Manajemen Usaha, Media Promosi

Referensi

S.Wahyunik. 2018. Peduli UMKM, Pemkab Jember Raih Penghargaan Natamukti. Surya. https://surabaya.tribunnews.com/2018/11/15/peduli-umkm-pemkab-jember-raih-penghargaan-natamukti

Bappeda.2018. Berhasil Kembangkan UKM, Pemkab Jember Terima Penghargaan Natamukti. Bappeda Kabupaten Jember. http://bappeda.jemberkab.go.id/berhasil-kembangkan-ukm-pemkab-jember-terima-penghargaan-natamukti/

D.Purwana, R. Rahmi, S.Aditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Vol 1. No 1. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

K. Kaniawati, A.Sudjatmoko. 2018. Penerapan Strategi Digital Marketing Terhadap Pengembangan Usaha Jus Honje Didesa/Kecataman Mangunjaya Kabupaten Pengandaran.Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal. Vol I. No I. ISBN: 978-602-0942-25-4.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019