DIVERSIFIKASI OLAHAN PRODUK DAGING BUAH DAN LIMBAH AIR KELAPA PADA KELOMPOK PENGAJIAN AL-BAROKAH DESA SUMBERJAMBE - JEMBER

Penulis

  • Usken Fisdiana
  • Titien Fatimah
  • Irma Harlianingtyas

Abstrak

Sumberjambe merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur yang mata pencaharian utama penduduknya adalah petani. Banyaknya area persawahan dan tegalan ini mendorong masyarakat setempat untuk memanfaatkan galengan atau pembatas antar sawah/tengalan dengan menanam pohon yang tidak memerlukan pemeliharaan rumit. Disetiap galengan lahan persawahan dan tegalan selalu ditanami pohon kelapa. Potensi buah kelapa yang dapat dijadikan produk komersial ini belum banyak diketahui masyarakat. Kelompok pengajian Al Barokah yang beranggotakan 22 orang ini tergabung dalam bidang keagamaan yang berkeinginan untuk belajar berwirausaha dengan memanfaatkan potensi buah kelapa, akan tetapi masih belum mengetahui olahan produk buah kelapa. Daging kelapa dapat diolah menjadi berbagai produk, salah satunya adalah kelapa parut kering yang memiliki kelebihan daya simpan lebih lama serta dapat dijadikan bahan baku berbagai olahan makanan. Selain daging kelapa, pemanfaatan  limbah air kelapa juga belum banyak diketahui masyarakat setempat. Air kelapa biasanya hanya dimanfaatkan sebagai nata the choco  dan minuman isotonik, bahkan dibuang percuma.  Adanya kegiatan ini akan menstimulasi masyarakat setempat untuk memanfaatkan kekayaan nutrisi pada buah kelapa dengan lebih bijak. Pelatihan pembuatan produk olahan daging kelapa dan sirup kelapa diberikan oleh tim pelaksana.  Antusiasme kelompok pengajian ini terlihat dari semangat ingin tahu dan membuat produk sirup kelapa dan KPK secara mandiri.

 

Kata Kunci— kelapa, kering, parut, produk, sirup

Referensi

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jember. 2017. “Kecamatan Sumbejambe dalam Angkaâ€.

Raswen. E. 2011. Kombinasi Pemberian Natrium Bisulfit (NaHSO3) dan Pengurangan Santan dalam Pembuatan Kelapa Parut Kering. Jurnal SAGU VOL 10. NO 1 : 35-41

Ginting, Wilson L., L. A. Harahap., A. Rohanah. 2015. Uji Variasi Suhu Terhadap Mutu Kelapa Parut Kering Pada Alat Pengering Kelapa Parut (Desiccated Coconut).Dalam Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian., Vol.3 No. 3.

Palungkun, R., 2004. Aneka Produk Olahan Kelapa. Jakarta : Penebar Swadaya.

Grindwood, D. E., 1985. Coconut Palm Product. Their Processing in development Countries. FAO. Agricultural Organization of The United Nations, Rome.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019