PELATIHAN APLIKASI DUOLINGO BAGI SISWA MA AS-SHOFA DI DESA JUBUNG KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER

Penulis

  • Vigo Dewangga
  • Michael Joko Wibowo
  • Nila Susanti

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang diakui sebagai bahasa internasional di Indonesia. Hal ini terlihat dari Bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing diajarkan di sekolah formal mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Maka dari itu penting bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa untuk mempelajarai bahasa Inggris di era yang bebas dan kompetitif ini. Dalam belajar Bahasa Inggris setiap pembelajar harus bisa menguasai empat skill yang ada dalam Bahasa Inggris, yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. Selain itu ada beberapa komponen penunjang empat skill dalam belajar Bahasa Inggris, yaitu tata bahasa (structure), pengucapan (pronunciation) dan kosakata (vocabulary). Ketiga komponen bahasa, seperti tata bahasa, kosakata , dan pengucapan menjadi hal yang penting  untuk dipelajari selain keempat skill dalam Bahasa Inggris. Upaya dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris yang dilakukan oleh tim pengabdian pada mitra MA As-Shofa adalah melalui pelatihan dan pendampingan aplikasi duolingo. Beberapa hasil dari pelaksanaan kegiatan pelatihan meliputi 1) siswa dapat memahami aplikasi duolingo, 2) siswa juga mampu memahami dan mengerjakan soal-soal dalam aplikasi duolingo, 3) siswa dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

 

Kata Kunci — Pelatihan, Duolingo, MA As-Shofa

Referensi

Arief S. Sadiman, et al. (2006). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Long, Richard J, Strategy, Practice and Issue. Canada: International Thomson Publishing (ITP Nelson), 2008.

Widyastuti, Myta & Hermariyanti K.,“Penggunaan Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega Sains Institutâ€, ABDIMAS BSI, vol. 1, pp. 237-244, Agustus 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019