PEMANFAATAN E-COMMERCE BERBASIS ANDROID DAN DIGITAL BRANDING PADA UKM HAMZAH COLLECTION JEMBER

Authors

  • Bekti Maryuni Susanto
  • Ery Setiyawan Jullev Atmadji
  • Nanik Anita Mukhlisoh

Abstract

Hamzah Collection adalah sebuah UKM perdagangan fashion di Kabupaten Jember yang sudah berjalan sejak tahun 2010. Selama ini pengelolaan barang dagangan sering mengalami kesalahan dikarenakan pencatatan stok barang masih dilakukan menggunakan tulisan tangan. Berdasarkan pemikiran diatas maka tim pengabdian pada masyarakat bermaksud mengadakan kegiatan Pemanfaatan Teknologi Informasi pada bidang e-commerce, dengan Tema Kegiatan “Pemanfaatan E-Commerce Berbasis Android dan Digital Branding Pada UKM Hamzah Collecion Jemberâ€. Melalui kegiatan ini diharapkan UKM Hamzah Collection, mampu memaksimalkan aplikasi teknologi informasi khususnya berbasis Android dan memanfaatkan teknologi tersebut dalam menyediakan informasi yang akurat serta meningkatkan market share. Pengembangan aplikasi e-commerce berbasis android dimulai dengan pembuatan desain sistem berdasarkan hasil survey kebutuhan pengguna pada tahapan sebelumnya. Aplikasi yang dibuat berbasis android dengan memanfaatkan web service pada sisi server. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui usability dari aplikasi yang digunakan. Pengukuran usability menggunakan Use Questionaire. Berdasarkan hasil pengukuran menunjukkan tingkat usefulness, easy of use, ease of learning dan satisfaction cukup memuaskan.

 

Kata Kunci— Pilih maksimum lima kata kunci atau frase yang diurutkan menurut abjad, dan dipisahkan dengan koma.

 

References

Lund, A. M. (2001). Measuring usability with the USE questionnaire. Usability Interface 8(2), 3-6.

Aelani, K, dan Falahah. (2012). Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire (Studi Kasus Aplikasi Perwalian Online STMIK “AMIK Bandungâ€). Seminar Nasiona Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012). Yogyakarta.

Gao, M., Kortum, P., and Oswald, F. (2018). Psychometric Evaluation of the USE (Usefulness, Satisfaction, and Ease of use) Questionnaire for Reliability and Validity. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society 2018 Annual Meeting.

Published

11-12-2019