KOMUNIKASI EFEKTIF BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI POKDARWIS DAMARWULAN

Penulis

  • Titik Ismailia
  • Muhammad Dzulkifli
  • Alfi Hidayatu Miqawati

Abstrak

Jember menjadi salah satu tujuan wisata karena Jember memiliki banyak tujuan wisata yang menarik, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Salah satu event budaya yang menarik ratusan ribu pengunjung adalah event tahunan Jember fashion Carnival (JFC). Besarnya animo masyarkat untuk berkunjung menjadikan Jember sebagai salah satu kota yang gita untuk terus mengembangkan potensi wisata yang ada, termasuk meoptimalkan pengembangan desa wisata. Salah satu desa wisata yang saat ini tengah dikembangkan adalah Desa Wisata Sumbersalak yang terletak di Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Desa Wisata ini memiliki beberapa objek wisata alam, kuliner, dan kesenian dan telah dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Damar Wulan Desa Sumbersalak menjadi mitra dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat ini. Dua masalah utama yang dihadapi oleh Pokdarwis Damar Wulan adalah rendahnya keterampilan komunikasi lisan dan tulisan anggota pokdarwis yang menjadi pemandu wisata (terutama wisatawan asing) yang menyebabkan kurang maksimalnya kualitas pelayanan Solusi yang ditawarkan adalah memberikan pelatihan dan praktik intensif komunikasi lisan bahasa Inggris. Metode pelaksanaan Program Pengabdian Masyarakat ini berupa pelatihan intensif komunikasi lisan bahasa Inggris yang akan dilakukan dalam beberapa tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan tersebut dirinci dalam lima langkah, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Target luaran yang akan dicapai dari kegiatan ini adalah: (1) publikasi artikel ilmiah dalam prosiding ber-ISBN dalam seminar nasional; (2) artikel pada media massa cetak/elektronik; (3) video kegiatan; dan (4) Peningkatan keberdayaan mitra (pengetahuan dan keterampilan mitra meningkat).

 

 

Kata Kunci : Bahasa Inggris, Damarwulan, Desa Wisata

 

Referensi

Sobari, M. 2018. Jember Kota Karnaval, Saksikan 7-12 Agustus 2018 Jember Fashion Carnaval (JFC) 2018. Dalam Kompasiana. 19 April 2018. https://www.kompasiana.com/msob89/5ad76caedd0fa87deb21c932/jember-kota-karnaval-saksikan-7-12-agustus-2018-jember-fashion-carnaval-jfc-2018?page=1

Inskeep, E. 1991. Tourism Planning, and Integrated and Sustainable Development Approach. New York: Van Nostrand Reinhold.

Dewi, M. H. U., Fandeli, C. & Baiquni, M. 2013. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Wisata Jatiluwuh Tabanan Bali. Kawistara. Volume 3 No. 2. Halaman 117 – 226.

Hazliansyah,. 2017. Makin Populer, Jember Kini Punya 90 Objek Wisata. Republika. 27 Desember 2017. https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/12/27/p1ma7v280-makin-populer-jember-kini-punya-90-objek-wisata .

Pemerintah Desa Sumbersalak. 2017a. Informasi Paket Wisata Desa Sumbersalak. https://sumbersalak.desa.id/2017/04/informasi-paket-wisata-desa-sumbersalak/

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. 2009. Lampiran Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia: Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Pariwisata Bidang Pimpinan Perjalanan Wisata (Tour Leader). Jakarta: Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019