RANCANG BANGUN PEMBIBITAN MODEL KNOCK DOWN SISTEM SEMI PLOATING DENGAN MIST SPRAYER OTOMATIS PADA BIBIT TEMBAKAU (Nicotiana tabacum)

Penulis

  • Saiful Mukhlis
  • Ahmad Fanani
  • Ridwan Ridwan

Abstrak

Penelitian dilakukan sebagai kelanjutan dari Bagan Road Map penelitian sebelumnya, yaitu  Pembibitan Model Knock Down Sistem Semi Ploating dengan Media Sphagnum Moss pada Bibit Tembakau Kasturi Voor Oogst (Nicotiana tabacum). Penelitian dilakukan dengan tujuan :  (1) Merancang bangun pembibitan model knock down sistem Semi Ploating dan Mist Sprayer Otomatis pada bibit tembakau; (2) Menyusun SOP pembibitan model knock down sistem Semi Ploating dan Mist Sprayer Otomatis pada bibit tembakau; dan (3) Membandingkan model pembibitan model knock down sistem Semi Ploating dengan media Sphagnum Moss dibandingkan pembibitan model knock down dan Mist Sprayer Otomatis pada bibit tembakau. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Lapang pada bulan Juli-Desember 2019 dengan sumber dana PNBP Politeknik Negeri Jember. Metode penelitian adalah (1) Perancangan Alat Pembibitan; (2) Penyusunan SOP Pembibitan; Hasil penelitian diharapkan dapat direkomendasikan sebagai pembibitan model knock down sistem Semi Ploating dan Mist Sprayer Otomatis pada bibit tembakau untuk kegiatan praktikum Mahasiswa Politeknik Negeri Jember, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Kata kunci :    mist sprayer otomatis, knock down, pembibitan tembakau

 

Referensi

Ardhiarisca O, Utami MMD dan Kustiari T. 2015. Perumusan strategi pengembangan agribisnis tembakau di Kabupaten Jember menggunakan analisa SWOT. Jurnal Teknologi Pertanian:16 (1) 65-74.

Arifin S. 2013. Tembakau di Persimpangan Ja¬lan. Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur. Surabaya.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2014. Provinsi Jawa Timur dalam Angka. BPS. Surabaya.

[DPP] Dinas Perkebunan Propensi. 2013. Mekanisasi Pengolahan Tanah dan Pasca Panen Tembakau Kasturi. DPP Jawa Timur. Surabaya.

[DISBUNHUT] Dinas Perkebunan dan Kehutanan. 2011. Budidaya Tembakau Kasturi. Kabupaten Jember.

Cahyono, B. 1998. Tembakau, Budidaya Dan Analisis Usaha Tani. Kanisius, Yogyakarta

Hartanti MF, Nurhidayati T dan Muryono M. 2011. Budidaya tanaman tembakau ( Nicotiana tabacum. L. var. Prancak 95) pada cekaman kekeringan polyethylene glycol (peg) secara inviltro. Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Hermawan W. 2012. Kinerja Sprayer Bermotor dalam Aplikasi Pupuk Daun di Perkebunan Tebu, Jurnal Keteknikan Pertanian. 26(2): 91-98.

Nadiyah MA, Sihombing A, Jenetha A dan Pardosi D. 2015. Pembibitan tembakau (Nicotiana tabacum) konvensional dan kultur jaringan. Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Jatinangor.

Prameswari ZK, Trisnowati S dan Waluyo S. 2014. Pengaruh macam media dan zat pengatur tumbuh terhadap keberhasilan cangkok sawo (Manilkara zapota) pada musim penghujan. Jurnal Vegetalika. 3(4):107-118.

Ridwan, Mukhlis S dan Fanani A. 2017. Desaint rancang bangun pembibitan model knock down menggunakan media tanam potry dan cara konvensional pada bibit Tembakau Kasturi Voor Oogst (Nicotiana tabacum). Politeknik Negeri Jember.

Ridwan, Mukhlis S dan Fanani A. 2018. Penenelitian pembibitan model knock down sistem semi ploating dengan media sphagnum moss pada bibit Tembakau Kasturi Voor Vogst (Nicotiana tabacum). Politeknik Negeri Jember.

Soeripno. (2003). Pembibitan dan Persiapan Tanam Tembakau Besuki Na-Oogst, Proyek Kerjasama Dinas Perkebunan Pemerintah Kabupaten jember dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tembakau Jember.

Yuliato J. 2017. Pemilihan alat pancang menggunakan expert choice. Jurnal Riset Rekayasa Sipil Universutas Sebelas Maret. 1(1):50-58.

##submission.downloads##

Diterbitkan

11-12-2019