Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Fuzzy Mamdani

Ratih Ayuninghemi, Fendik Purnomo

Abstrak


Penilaian kinerja karyawan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, utamanya karyawan dibagian pelayanan publik. Pada penelitian ini dibuat sistem penilaian kinerja karyawan pada bagian pelayan untuk menghasilkan proses penilaian yang tepat dan mudah. Pada penilaian kinerja karyawan sering memunculkan beberapa kendala diataranya paling utama adalah ketidakpastian dari yang proses penilaian dan variabel penilaian. Fuzzy Mamdani merupakan salah satu metode yang cukup handal dalam memecahkan masalah-masalah yang mengandung variabel-variabel ambigu atau ketidakpastian menjadi jelas dan pasti. Penggunaan 3 variabel yaitu Tangible, Responsiveness, dan Emphaty akan dapat menjadi faktor utama dalam evaluasi kinerja karyawan. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan nilai kinerja dari 10 karyawan yang dilakukan penilaian memiliki predikat baik sebanyak 8 orang dan sedang sebanyak 2 orang. Nilai tertinggi 2,93 dan nilai terendah 2,40 dengan banyak responden 100 orang. Dari hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan system penilaian yang telah dibuat mampu melakukan penilaian secara cepat dan tepat.


Referensi


Ayuninghemi, Ratih. 2009. Aplikasi Pengukuran Kualitas Jasa Sistem Informasi Menggunakan Logika Fuzzy. Surabaya.

Marimin, dkk. 2013. Teknik Dan Analisis Pengambilan Keputusan Fuzzy Dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor: IPBPress

Wikipedia, “Logika Fuzzy”, 02 Oktober 2014, http://id.wikipedia.org/wiki/Logika_fuzzy

Yusronrijal, 2012, Logika Fuzzy, 04 November 2014, http://yusronrijal.wordpress.com.

Anonim, 2012, Fuzzy Logic Menggunakan Metode Mamdani, 04 November 2014, http://sheunyil.blogspot.com.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.