Rekayasa Teknologi Sistem Pengkabutan Bahan Bakar Kendaraan EFI

Authors

  • Andik Irawan
  • Dicky Adi Tyagita

Abstract

Alternative technology system produced by micro scale for complete research. Integrated Circuit 555 for board system using by
electronic part base on the unit system complex. The purpose of this research is to make enginering technology system fuel
injection base one microcontrol unit with trial eror six hole, four hole injector by 30 second debit. The program upload by
microcontrol chip and integrated with circuit output for the conected with injector system. Produce this research probs system
multiport injection by using round per minute. Therefore six hole injector get range data 21ml/minute, four hole 20ml/minute.

Keyword : Fuel, microcontrol, circuit hole.

References

Badan Pusat Statistik. 2017. Perkembangan Jumlah Kendaraan

Bermotor Menurut Jenis tahun

http://www.bps.go.id/index.php/link TabelStatis/1413

(Diakses 9 Februari 2016)

Budyarto, I., (2011). Rancang Bangun Alat Uji Injeksi Motor Diesel

Multi Silinder.Tugas Akhir Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas

Diponegoro Semarang. (Hal, 1)

Farida, Nur, M., (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran

Injector Tester Dan Ultrasonic Cleaner CNC-601A Pada Mata

Kuliah Praktik Motor Bensin Program Studi S-1 Pendidikan Teknik

Mesin. Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negri Semarang.(Hal,

Haulster, (2000). Service Manual With 660 Suzuki EFI EngineLincoln,

U.S.A ( Hal, 11, 14, 15 )

Mualif, K., dan Bambang, S., (2015). Pengembangan Media

Pembelajaran Electronik Fuel Injection Mengunakan Portable

Injector Tester Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII

SMK YPT Purworejo. JurnalPendidikan Teknik Otomotif

Universitas Muhammadiyah Purworejo ISSN: 2303-3738 Vol 05 No.

(Hal, 25) paian

Pranoto, A., Purwanto, A., (2014). Analisa Kerusakan Dan Model

PerawatanInjektor Pada Sistem Injeksi Bahan Bakar

Elektronik.JurnalTeknologiAKPRIND. Yogyakarta. Volume 7

Nomor 2, Desember2014, 175-180.(Hal, 1,2)

Purwanto, A., Wibowo, H., Pranoto, A., (2014). Model Alat Injektor

Testerdan Injektor Cleaner Untuk Mobil Electronic Fuel Injection

(EFI). ProsidingSNTM-Universitas Trisakti. ISBN : 978-60270012-0-6.

(Hal,1,2)

Putu, I., (2015) Pengaruh Fariasi Tekanan Pada Intake Manifold

Terhadap Performance Mesin 1500 CC. Tugas Akhir Teknik Mesin

Fakultas Teknik Universitas Udayana. (Hal, 10, 12, 13, 16, 17, 18,

Ruswid, (2008) Modul 4 Electronic Fuel Injection. SMK Al Hikmah

Srimpong.(Hal, 20, 21, 22)

Sa’adullah, M., (2015). Pengembangan Multimedia Penggunaan

Injector Tester Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengujian Injektor

Pada KendaraanEFI. Tugas Akhir Teknik Mesin Fakultas Teknik

Universitas Negeri Semarang. (Hal, 1, 21, 22, 23, 24, 25, 27)

Siregar, Fatah. M., (2009). Motor Bakar (Peforman Mesin Non –

Stasione (Mobile) Bertegnologi VVT - i Dan Non VVT –

i)Universitas Sumatra Utara 2009 ( Hal, 1, 6, 7, 8, 9 )

Published

08-02-2018