SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS: Pencarian Lokasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kota Surakarta

Penulis

Abstrak

Kota Surakarta merupakan Kota terbesar kedua di Jawa Tengah dengan luas wilayah 44,04 km2 didiami penduduk sebanyak 545.653 jiwa. Penduduk ini tersebar di 5 (lima) kecamatan yaitu Kecamatan Laweyan, Kecamatan Serengan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kecamatan Jebres, dan Kecamatan Banjasari. Keberadaan rumah sakit, puskesmas dan klinik (fasilitas pelayanan kesehatan) sangatlah penting karena dapat membantu mengobati orang yang sedang sakit serta memberikan pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) selama 24 jam. Gambaran geografis mengenai letak dan informasi pelayanan kesehatan yang tersebar cukup merata di Kota Surakarta belum diketahui secara jelas oleh masyarakat kecil dalam memilih faskes BPJS yang mereka miliki. Pembangunan Sistem Informasi Geografis (SIG) persebaran pelayanan kesehatan merupakan pilihan yang diharapkan mampu memberikan solusi atas masalah yang dihadapi tersebut dengan penyajian informasi secara terintegrasi dari data spasial dan data non spasial, serta penyajian yang dinamis untuk proses editing data. Untuk dapat menghasilkan aplikasi Sistem Informasi Geografis berbasis web ini dibutuhkan data spasial masing-masing lokasi pelayanan kesehatan, penelitian ini difokuskan pada masalah pencarian atau menemukan lokasi khususnya pelayanan kesehatan di Kota Surakarta, kemudian melakukan Analisa dari data yang telah diperoleh, dilanjutkan dengan pembangunan program menggunakan template bootsrap, basis data MySQL dengan fitur phpMyAdmin di dalamnya, notepad++ untuk proses pembuatan kode program, integrasi basis data dengan Google Maps API untuk menampilkan peta, serta browser sebagai pengecekan tampilan yang dihasilkan oleh kode program. Hasil dari penelitian ini mendapatkan informasi persebaran dan rute dengan menggunakan Google Maps API fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Surakarta dengan melakukan digitasi terhadap jalur propinsi atau jalur nasional (jalan protocol) di overlay dengan googlemap dengan tipe peta roadmap didapatkan akurasi yang baik.

 

Keywords: BPJS, Fasilitas Kesehatan, GoogleMap API, Surakarta, Web

Biografi Penulis

Wahyu Wijaya Widiyanto, Politeknik Indonusa Surakarta

Dosen, Staf Unit Teknologi Informasi

Referensi

BPJS Peraturan (2015). Indonesia.

Informatika, P. et al. (2013) ‘SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PUSKESMAS DI KOTA MEDAN’, (0911296), pp. 31–34.

Parji, Sudarmiani, F. S. S. (2014) ‘SENARI 2014 Seminar Nasional Riset Inovatif’, SENARI, pp. 551–556.

R, W. E. Y., Istiadi, D. and Roqib, A. (2015) ‘Pencarian Spbu Terdekat Dan Penentuan Jarak Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra’, Jurnal Nasional Teknik Elektro, 4(1), pp. 89–93.

Ramadhani, S., Anis, U. and Masruro, S. T. (2013) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL’, Jurnal Teknika, 5(2), pp. 479–484.

Rekha, R. S. et al. (2017) ‘Accessibility Analysis of Health care facility using Geospatial Techniques’, Transportation Research Procedia. Elsevier B.V., 27, pp. 1163–1170. doi: 10.1016/j.trpro.2017.12.078.

Ridha M N, K. M. L. I. Y. S. R. M. T. A. W. and Tengku A R (2012) ‘Sistem Informasi Geografis Rifaskes Kemenkes Ri Studi Kasus’, SNATI, 2012(Snati), pp. 15–16.

Tristianto, C. (2018) ‘Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan’, Jurnal Teknologi Informasi ESIT, XII(01), pp. 8–22.

##submission.downloads##

Diterbitkan

31-12-2019