Peningkatan Kapasitas Pokdarwis Dalam Penerapan Digital Marketing Untuk Desa Wisata Kampung Tudung di Desa Grujugan Kabupaten Kebumen

Authors

  • siti khomsah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Sena Wijayanto Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Novanda Alim Setya Nugraha Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Halim Qista Karima Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i2.3671

Keywords:

desa wisata, pemasaran, website, media sosial

Abstract

Desa Wisata Kampung Tudung berada di Desa Grujugan Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen Porvinsi Jawa Tengah. Wisata Kampung Tudung disingkat “Wiskadung”. Saat ini, pemasaran Wiskadung menggunakan media manual seperti brosur dan media instragram.Namun pengelolaan instragram masih belum optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kapasitas pengelola Wiskadung dalam hal penggunaan media online pemasaran. Metode yang digunakan antara lain observasi lapangan, forum group discussion, pelatihan media sosial, pembuatan website kampung tudung, sosialisasi dan pelatihan pengelolaan website. Hasil seluruh rangkaian kegiatan pengabdian adalah Instagram wiskadung lebih terkelola menjadi lebih baik dengan adanya penambahan highlight. Sedangkan semula hanya website desa yang digunakan untuk informasi Wiskadung, saat ini sudah ada website kampungtudung dot com yang dapat digunakan untuk salah satu media promosi Wiskadung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pergub Jawa Tengah Nomor 53 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Desa Wisata Di Provinsi Jawa Tengah. 2019, pp. 5–10.

J. Sulaksono and N. Zakaria, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri,” Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, Mar. 2020, doi: 10.29407/GJ.V4I1.13906.

I. T. Sihidi, A. Nurjaman, and H. K. Hardini, “Pelatihan Digital Marketing di Golden Ways Arum Manis Desa Pendem Kota Batu,” vol. 5, no. 3, pp. 467–471, 2022.

R. J. Naimah, M. W. Wardhana, R. Haryanto, and A. Pebriyanto, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” Jurnal IMPACT: Implementation and Action, vol. 2, no. 2, p. 39, 2020, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.

S. I. Putri, F. P. W. Lusianingrum, and A. I. Winadi, “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Optimalisasi Pemasaran Desa Wisata,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 6, no. 4, pp. 3139–3147, 2022.

H. A. Mumtahana, S. Nita, and A. W. Tito, “Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” KHAZANAH INFORMATIKA, vol. 3, no. 1, pp. 6–15, 2017, [Online]. Available: http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309/2784

A. Wahyudin, D. Kristiadi, A. S. Utomo, A. Marwati, and R. A. Gulang, “Pemanfaatan Multimedia Dalam Pengembangan dan Promosi Potensi Desa Wisata Adiluhur Kebumen,” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 2, 2021, doi: 10.30651/aks.v5i2.3988.

A. A. Rahma, “Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang,” Jurnal Nasional Pariwisata, vol. 12, no. April, pp. 1–8, 2020.

T. S. A. Zulaikha, S. Fauzan, T. A. Z. Khadijah, and W. Fahmisyah, “Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang,” Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 168–174, 2022, doi: 10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2158.

A. Kunia, Strategi Pemasaran Digital sebagai Destinasi Desa Wisata:Pemanfaatan Pemasaran berbasis Digital sebagai Upaya Pemasaran Desa Wisata di Indonesia. Jakarta: Universitas Bakrie Press, 2021. [Online]. Available: https://www.dimakstrategy.com/strategi-pemasaran-digital-dan-langkah-langkahnya/

Published

2023-08-30

How to Cite

[1]
siti khomsah, S. Wijayanto, N. Alim Setya Nugraha, and H. Qista Karima, “Peningkatan Kapasitas Pokdarwis Dalam Penerapan Digital Marketing Untuk Desa Wisata Kampung Tudung di Desa Grujugan Kabupaten Kebumen”, j-dinamika, vol. 8, no. 2, pp. 270–278, Aug. 2023.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)