Peningkatan Kapasitas Pokdarwis Dalam Penerapan Digital Marketing Untuk Desa Wisata Kampung Tudung di Desa Grujugan Kabupaten Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v8i2.3671Keywords:
desa wisata, pemasaran, website, media sosialAbstract
Desa Wisata Kampung Tudung berada di Desa Grujugan Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen Porvinsi Jawa Tengah. Wisata Kampung Tudung disingkat “Wiskadung”. Saat ini, pemasaran Wiskadung menggunakan media manual seperti brosur dan media instragram.Namun pengelolaan instragram masih belum optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kapasitas pengelola Wiskadung dalam hal penggunaan media online pemasaran. Metode yang digunakan antara lain observasi lapangan, forum group discussion, pelatihan media sosial, pembuatan website kampung tudung, sosialisasi dan pelatihan pengelolaan website. Hasil seluruh rangkaian kegiatan pengabdian adalah Instagram wiskadung lebih terkelola menjadi lebih baik dengan adanya penambahan highlight. Sedangkan semula hanya website desa yang digunakan untuk informasi Wiskadung, saat ini sudah ada website kampungtudung dot com yang dapat digunakan untuk salah satu media promosi Wiskadung.
Downloads
References
Pergub Jawa Tengah Nomor 53 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Desa Wisata Di Provinsi Jawa Tengah. 2019, pp. 5–10.
J. Sulaksono and N. Zakaria, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri,” Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, Mar. 2020, doi: 10.29407/GJ.V4I1.13906.
I. T. Sihidi, A. Nurjaman, and H. K. Hardini, “Pelatihan Digital Marketing di Golden Ways Arum Manis Desa Pendem Kota Batu,” vol. 5, no. 3, pp. 467–471, 2022.
R. J. Naimah, M. W. Wardhana, R. Haryanto, and A. Pebriyanto, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” Jurnal IMPACT: Implementation and Action, vol. 2, no. 2, p. 39, 2020, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.
S. I. Putri, F. P. W. Lusianingrum, and A. I. Winadi, “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Optimalisasi Pemasaran Desa Wisata,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 6, no. 4, pp. 3139–3147, 2022.
H. A. Mumtahana, S. Nita, and A. W. Tito, “Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” KHAZANAH INFORMATIKA, vol. 3, no. 1, pp. 6–15, 2017, [Online]. Available: http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309/2784
A. Wahyudin, D. Kristiadi, A. S. Utomo, A. Marwati, and R. A. Gulang, “Pemanfaatan Multimedia Dalam Pengembangan dan Promosi Potensi Desa Wisata Adiluhur Kebumen,” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 2, 2021, doi: 10.30651/aks.v5i2.3988.
A. A. Rahma, “Penguatan SDM dalam e-Marketing untuk Promosi Desa Wisata di Kabupaten Malang,” Jurnal Nasional Pariwisata, vol. 12, no. April, pp. 1–8, 2020.
T. S. A. Zulaikha, S. Fauzan, T. A. Z. Khadijah, and W. Fahmisyah, “Pendampingan Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang,” Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 3, pp. 168–174, 2022, doi: 10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2158.
A. Kunia, Strategi Pemasaran Digital sebagai Destinasi Desa Wisata:Pemanfaatan Pemasaran berbasis Digital sebagai Upaya Pemasaran Desa Wisata di Indonesia. Jakarta: Universitas Bakrie Press, 2021. [Online]. Available: https://www.dimakstrategy.com/strategi-pemasaran-digital-dan-langkah-langkahnya/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 siti khomsah, Sena Wijayanto, Novanda Alim Setya Nugraha, Halim Qista Karima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of articles published on J-Dinamika is held by the author (Copyright by Authors) under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY). So that the author who will publish the manuscript at J-Dinamika does not need a copyright transfer agreement that must be submitted to the editorial.