Peningkatan Kompetensi Pelaku Usaha Sentra Industri Hasil Tembakau Jember melalui Edukasi Digital Marketing

Authors

  • Nanang Dwi Wahyono POLITEKNIK NEGERI JEMBER
  • Dyah Kusuma Wardani POLITEKNIK NEGERI JEMBER
  • Avisenna Harkat POLITEKNIK NEGERI JEMBER
  • Fredy Eka Ardhi Pratama POLITEKNIK NEGERI JEMBER
  • Aditya Wahyu Winadi Atmajaya POLITEKNIK NEGERI JEMBER

Keywords:

digital marketing, UMKM, hasil tembakau, transformasi digital, pelatihan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha di Sentra Industri Hasil Tembakau Jember melalui edukasi digital marketing. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya literasi digital serta minimnya pemanfaatan media sosial dan platform daring dalam strategi promosi produk. Melalui pelatihan dan pendampingan intensif, peserta dibekali pengetahuan tentang konsep digital marketing, teknik pembuatan konten visual, pengelolaan akun media sosial bisnis, serta strategi branding berbasis kearifan lokal. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, aktivasi akun media sosial, dan interaksi konsumen. Rata-rata peningkatan followers, likes, dan reach mencapai lebih dari 180%. Pendekatan edukatif berbasis praktik langsung terbukti efektif dalam mendorong transformasi digital yang berkelanjutan. Kegiatan ini menjadi model pemberdayaan UMKM berbasis teknologi yang dapat direplikasi pada sektor lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] N. D. Wahyono, D. Kurniawati, A. Harkat, M. Edwinsyah Yanuan Putra, F. Eka Ardhi Pratama, and A. Wahyu Winadi Atmajaya, “Pemberdayaan Sentra Industri Hasil Tembakau Jember Melalui Pemanfaatan Limbah Cerutu sebagai Produk Sampingan Inovatif oleh CV. Dwipa Nusantara: Empowering Jember’s Tobacco Industry Center Through the Utilization of Cigar Waste as an Innovative Side Produ,” J-Dinamika J. Pengabdi. Masy., vol. 9, no. 3 SE-Article, pp. 538–547, Dec. 2024, doi: 10.25047/j-dinamika.v9i3.5529.

[2] D. Kurniawati, C. N. Karimah, and ..., “Pemberdayaan Wirausahaan Batik Disabilitas Melalui Digital Marketing di Kabupaten Jember: Empowerment of Disabled Batik Entrepreneurs through Digital …,” J-Dinamika J. …, 2022, [Online]. Available: https://publikasi.polije.ac.id/j-dinamika/article/view/3540

[3] D. Kurniawati, W. Dhamayanthi, F. E. A. Pratama, and A. Q. Arif, “MODEL PEMASARAN KERIPIK UBI JALAR DI MOJOKERTO,” Lentera Multidiscip. Stud., vol. 1, no. 3, pp. 128–138, 2023, [Online]. Available: https://lentera.publikasiku.id/index.php/ln/article/view/20

[4] R. Puspitorini Yekti Ambarkahi, W. Dhamayanthi, D. K. Wardani, P. Andini, and F. Eka Ardhi Pratama, “Pemanfaatan Limbah Buah Melon sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Lilin Aromatherapy : Utilization of Melon Fruit Waste as an Additional Ingredient for Making Aromatherapy Candles ,” J-Dinamika J. Pengabdi. Masy., vol. 8, no. 1 SE-Article, pp. 159–165, Apr. 2023, doi: 10.25047/j-dinamika.v8i1.3875.

[5] F. E. A. Pratama, D. K. Wardani, P. Andini, S. Brillyantina, and R. Dhandy, “Pelatihan Kemampuan Kewirausahaan Remaja Masjid dalam Membuat Hand Sanitizer Herbal Ekstrak Pelepeh Pisang,” Agrimas J. Pengabdi. Masy. Bid. Pertan., vol. 1, no. 1 SE-Articles, Apr. 2022, doi: 10.25047/agrimas.v1i1.8.

[6] F. E. A. Pratama, H. Subagja, R. Iskandar, H. A. Hudori, and P. Andini, “Pengaruh Kinerja Distribusi Selling-In Terhadap Kinerja Pemasaran PR. Gagak Hitam,” J. Ilm. Inov., vol. 21, no. 1, pp. 7–12, 2021.

[7] N. D. Wahyono, D. Kurniawati, A. Harkat, M. E. Y. Putra, F. E. A. Pratama, and A. W. W. Atmajaya, “Consumer Preferences for Tobacco Waste Diversification in Na Oogst Jember Cigars,” Bul. Penelit. Sos. Ekon. Pertan. Fak. Pertan. Univ. Haluoleo, vol. 26, no. 2 SE-Articles, pp. 164–176, Dec. 2024, doi: 10.37149/bpsosek.v26i2.1511.

[8] S. F. Valentina and F. E. A. Pratama, “PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUSU UHT (ULTRA HIGH TEMPERATURE) ULTRA MILK DALAM …,” Neraca J. Ekon. Manaj. …, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca/article/view/368

[9] et. al. Wardani, “Penentuan Persepsi Konsumen dan Produsen Seblak ‘Preanger’ dalam Menentukan Kepuasan Konsumen: Determination of Consumer and Producer perceptions of Seblak ‘Preanger’ in Determining Customer Satisfaction,” J. Ilm. Inov., vol. 24, no. 2 SE-Article, pp. 114–121, May 2024, doi: 10.25047/jii.v24i2.4744.

[10] P. Andini, B. P. Y. Kurnia, U. Suryadi, H. A. Hudori, and F. E. A. Pratama, “Strategi Peningkatan Kualitas Produk Rokok Kretek ‘Gagak Hitam’ Dengan Menggunakan Metode SWOT dan AHP di Perusahaan Rokok Gagak Hitam Kabupaten Bondowoso,” J. Ilm. Inov., vol. 21, no. 2 SE-Article, pp. 95–101, Aug. 2021, doi: 10.25047/jii.v21i2.2639.

[11] F. ZAHRIANA, “ANALISIS PERBANDINGAN PENILAIAN KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN FINANCIAL VALUE ADDED (FVA) DENGAN MARKET VALUE ADDED (MVA) DENGAN PENDEKATAN TIME SERIES PADA INDUSTRI TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA,” Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 3. Politeknik Pratama Purwokerto, pp. 89–96, 2022. doi: 10.55606/jumbiku.v2i3.585.

[12] T. Kustiari, A. Yuliana, and F. E. A. Pratama, “Sheep Breeder Empowerment inParticipatory Model of Koperasi Mitra Subur at Bondowoso Regency East Java,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 7, no. 2, pp. 347–354, 2021.

Published

2025-04-28

How to Cite

[1]
N. Dwi Wahyono, D. Kusuma Wardani, A. Harkat, F. Eka Ardhi Pratama, and A. Wahyu Winadi Atmajaya, “Peningkatan Kompetensi Pelaku Usaha Sentra Industri Hasil Tembakau Jember melalui Edukasi Digital Marketing”, j-dinamika, vol. 10, no. 1, pp. 166–173, Apr. 2025.

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)