Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Petugas Pada Unit Filing di RSU Bhakti Husada Krikilan

Authors

  • Nabilah Khoirun Nissa' Politeknik Negeri Jember
  • Rossalina Adi Wijayanti Politeknik Negeri Jember
  • Atma Deharja Politeknik Negeri Jember
  • Efri Tri Ardianto Politeknik Negeri Jember

DOI:

10.25047/j-remi.v2i3.2187

Keywords:

Rekam Medis, Kinerja, Filing, Rumah Sakit

Abstract

Berdasarkan survey pendahuluan di Rumah Sakit Umum Bhakti Husada Krikilan terdapat permasalahan terkait kinerja pada unit filing yaitu beberapa job description belum terlaksana dan belum dikerjakan maksimal, waktu penyediaan dokumen rekam medis lebih dari 10 menit, petugas filing berlatar belakang pendidikan sekolah menengah kejuruan dan sekolah menengah ekonomi atas. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis faktor penyebab rendahnya kinerja petugas rekam medis pada unit filing kemudian dilakukan analisis faktor penyebab kinerja rendah dari faktor individu, organisasi dan psikologi dengan metode Problem Tree Analysis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penyebab utama faktor individu dan demografi, adanya latar belakang pendidikan petugas yang tidak sesuai sementara perekrutan tenaga baru belum dilaksanakan karena masih dalam proses perencanaan manajemen; pada faktor organisasi penyebab utama desain pekerjaan terdapat kurangnya koordinasi terkait job description dan SOP antar petugas dan atasan, terbatasnya jumlah tenaga, dan petugas kurang memahami pentingnya job description; pada faktor psikologi penyebab utama sikap yaitu adanya jam kerja yang cukup padat namun tenaga kerjanya terbatas sehingga penyediaan berkas terlambat dan pada faktor penyebab utama motivasi yaitu adanya motivasi dalam diri petugas (bukan pengakuan dari orang lain yang mendorong kerja petugas) serta  motivasi dari luar diri petugas (pihak luar kurang memahami pentingnya job description dan masih  dalam proses perencanaan manajemen).

References

Anifah, I. N. (2016) ‘Penyediaan Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Pada Klinik Syaraf RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah Periode Triwulan III Tahun 2016’.

Gibson, Ivancevich and Donnelly (1985a) Organisasi (Perilaku, Struktur & Proses) Jilid 1. 5th edn. Jakarta.

Gibson, Ivancevich and Donnelly (1985b) Organisasi (Perilaku, Struktur & Proses) Jilid 2. 5th edn. Jakarta.

Hadi, H. (2011) Pengaruh Karateristik Individu, Organisasi dan Psikologi Terhadap Kinerja Bidan didesa dalam Pelaksanaan Program Imunisasi di Kabupaten Tapanuli Selatan. Universitas Sumatra Utara.

Hasmoko, E. V (2008) Sistim Pengembangan Manajemen Kinerja Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang Tahun 2008 Tesis Untuk Memenuhi Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana S-2 Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Administrasi Rumah Sakit Oleh : Em. Universitas Diponegoro Semarang.

Kemenkes RI (2014) ‘Permenkes RI Nomer Nomor 48 & 22 Tahun 2014 TentangJabatan Fungsional Perekam Medis Dan Angka Kreditnya’.

Kristiyono, E. (2008) Evaluasi Kinerja Unit Filing & Retrieving Data di Rumah Sakit Pendidikan dan Rumah Sakit Umum Daerah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lestari, D. W. I. I. (2015) ‘Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa Di Smp an-Nur Bululawang Malang Program Studi Pendidikan Agama Islam Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa Di Smp an-Nur Bululawang’.

Mangkunegara, A. P. (2017) Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Moekijat (2008) ‘Standard Operating Procedure’.

Ningrum Dini Anggraeni (2016) Evaluasi Sistem Otomasi I-Sekolah Oleh Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Surabaya. Surabaya : Universitas Airlangga Surabaya.: Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

Nugrahaningsih, P. (2005) ‘Analisis perbedaan perilaku etis auditor di kap dalam etika profesi (studi terhadap peran faktor-faktor individual’:, (September), pp. 15–16.

Nuryanti (2016) ‘PENGARUH JOB DESCRIPTION TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA PERUSAHAAN PT SEMEN TONASA IV KABUPATEN PANGKEP’. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Permenkes RI (2008) ‘Permenkes RI Nomer 269/MenKes/Per/III/2008 Tentang Rekam Medis’.

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Nissa’, N. K., Wijayanti, R. A., Deharja, A., & Ardianto, E. T. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Petugas Pada Unit Filing di RSU Bhakti Husada Krikilan. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 2(3), 381–392. https://doi.org/10.25047/j-remi.v2i3.2187

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>