Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Bakpia di Kabupaten Jember
Factors Influencing Bakpia Purchasing Decision in Jember Regency
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v23i3.4318Keywords:
Produk, harga, Promosi, Saluran Distribusi dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini dilakukan karena industri kue kering yaitu Bakpia menghadapi persaingan bisnis. Pia Warung Glenmore Cabang Jember merupakan salah satu perusahaan Bakpia yang sedang menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian bakpia pada Pia Warung Glenmore Cabang Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian bakpia dengan pengambilan sampel sebanyak 70 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga, promosi, dan saluran distribusi berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian bakpia. Secara parsial hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis variabel produk merupakan variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian bakpia di Kabupaten Jember
Downloads
References
Bunyamin, S. E. M. S. 2021. MANAJEMEN PEMASARAN. CV Literasi Nusantara Abadi
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Fuad, M., Christin H., Nurlela, Sugiarto, Dan Y. E. F. Paulus. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hasibuan, R. 2023. PENGANTAR BISNIS. Absolute Media.
Irawan, Faried Wijaya M, Dan M. .. Sudjoni. 1996. PEMASARAN, Prinsip Dan Kasus. 2 Ed. Diedit Oleh BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kotler, Philip, Dan Amstrong. 2004. Princeples Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Kurniawati, Dewi et al. 2022. Model Pemasaran Waralaba CBezt Kabupaten Jember. Jurnal Inovasi Ilmiah. Vol.22 (3) Desember 2022.
Priyastama, R. 2020. The Book Of SPSS: Pengolahan & Analisis Data. Anak Hebat Indonesia.
Saladin. 2003. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Singgih, Santoso dan Tjiptono, Fandy. 2002. Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sudaryono. 2016. MANAJEMEN PEMASARAN, Teori & Implementasi. Diedit Oleh F. Sigit. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Kurniawati, Dyah Kusuma Wardani, Dhanang Eka Putra, Nimas Ayu Wardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).