Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Bakpia di Kabupaten Jember

Factors Influencing Bakpia Purchasing Decision in Jember Regency

Authors

  • Dewi Kurniawati Politeknik Negeri Jember
  • Dyah Kusuma Wardani Politeknik Negeri Jember
  • Dhanang Eka Putra Politeknik Negeri Jember
  • Nimas Ayu Wardani Politeknik Negeri Jember
  • Rinda Nurul Karimah Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v23i3.4318

Keywords:

Produk, harga, Promosi, Saluran Distribusi dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena industri kue kering yaitu Bakpia menghadapi persaingan bisnis. Pia Warung Glenmore Cabang Jember merupakan salah satu perusahaan Bakpia yang sedang menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian bakpia pada Pia Warung Glenmore Cabang Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian bakpia dengan pengambilan sampel sebanyak 70 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS 21. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga, promosi, dan saluran distribusi berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian bakpia. Secara parsial hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel produk, harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis variabel produk merupakan variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian bakpia di Kabupaten Jember

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bunyamin, S. E. M. S. 2021. MANAJEMEN PEMASARAN. CV Literasi Nusantara Abadi

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fuad, M., Christin H., Nurlela, Sugiarto, Dan Y. E. F. Paulus. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hasibuan, R. 2023. PENGANTAR BISNIS. Absolute Media.

Irawan, Faried Wijaya M, Dan M. .. Sudjoni. 1996. PEMASARAN, Prinsip Dan Kasus. 2 Ed. Diedit Oleh BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kotler, Philip, Dan Amstrong. 2004. Princeples Of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kurniawati, Dewi et al. 2022. Model Pemasaran Waralaba CBezt Kabupaten Jember. Jurnal Inovasi Ilmiah. Vol.22 (3) Desember 2022.

Priyastama, R. 2020. The Book Of SPSS: Pengolahan & Analisis Data. Anak Hebat Indonesia.

Saladin. 2003. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Singgih, Santoso dan Tjiptono, Fandy. 2002. Riset Pemasaran: Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sudaryono. 2016. MANAJEMEN PEMASARAN, Teori & Implementasi. Diedit Oleh F. Sigit. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2023-12-30

How to Cite

Kurniawati, D., Wardani, D. K., Putra, D. E., Wardani, N. A., & Karimah, R. N. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Bakpia di Kabupaten Jember: Factors Influencing Bakpia Purchasing Decision in Jember Regency. Jurnal Ilmiah Inovasi, 23(3), 293–305. https://doi.org/10.25047/jii.v23i3.4318

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>