Business Model Canvas Development Strategy Using SWOT Analysis

(Case Study On Baby Clothing SME Pikapiki)

Authors

  • Izzuddin Azzam Fauzi Fauzi Telkom University
  • Mohammad Riza Sutjipto Universitas Telkom
  • Taufik Hidayat Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jii.v25i2.5427

Keywords:

usaha mikro kecil menengah (UMKM), business model canvas (BMC), analisis SWOT

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan bagian penting dari masyarakat Indonesia, meskipun pemahaman tentang operasinya seringkali terbatas. Pikapiki Baby Clothes, sebuah UMKM yang berbasis di Bandung, beroperasi di berbagai platform seperti WhatsApp Business, Instagram, Facebook, Tokopedia, dan Shopee. Dalam lima tahun terakhir, penjualan Pikapiki menurun karena meningkatnya persaingan, tren busana bayi yang berubah dengan cepat, dan masuknya barang impor. Studi ini bertujuan untuk mengusulkan strategi baru bagi Pikapiki menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, studi kasus Pikapiki mengungkap tiga temuan utama. Pertama, analisis BMC menekankan pada diversifikasi di segmen pelanggan, kreativitas produk, perluasan saluran daring, dan komitmen untuk memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Kedua, analisis SWOT mengidentifikasi 28 strategi alternatif melalui Matriks SWOT, yang menghasilkan sembilan strategi SO, enam strategi WO, dua strategi ST, dan delapan strategi WT. Akhirnya, strategi ini mengarah pada BMC yang direvisi, yang menggabungkan diversifikasi produk, investasi, layanan keanggotaan, dan peningkatan efisiensi melalui penyesuaian finansial dan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. A. R. J. Pratama, A. F. Ningtiyas, H. Mauludin, M. C. Larosa, and K. A. Thaariq, “Meningkatkan Potensi Desa Pagerwangi Melalui Produktivitas dengan Pengembangan UMKM sebagai Wujud Ekonomi Kreatif Desa,” Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa, vol. 19, no. 2, pp. 92–98, Nov. 2022, doi: 10.29313/performa.v19i2.10703.

G. Ramantoko, P. M. Sitorus, and S. Widyanesti, “Pilot static modeling of social business: Case of Kampong Jelekong in Bandung,” in Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 2019, pp. 1059–1071.

H. Sulistiyo and R. A. K. Putra, “Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan Kabupaten Bekasi,” Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 38–48, Sep. 2020, doi: 10.34308/eqien.v7i2.145.

Y. Priyadi and A. Prasetio, “Implementation of supply chain business application through business model canvas and waterfall framework collaborations for fish farmers SMEs in ulekan market bandung,” in Journal of Physics: Conference Series, 2018. doi: 10.1088/1742-6596/978/1/012021.

R. Galavan, Doing Business Strategy. Ireland: NuBooks, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Metode kuantitatif dan kualitatif dan R&D, 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2022.

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Fauzi, I. A. F., Riza Sutjipto, M., & Hidayat, T. (2025). Business Model Canvas Development Strategy Using SWOT Analysis : (Case Study On Baby Clothing SME Pikapiki) . Jurnal Ilmiah Inovasi, 25(2), 140–151. https://doi.org/10.25047/jii.v25i2.5427

Issue

Section

Article

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.