Business Model Canvas Development Strategy Using SWOT Analysis
(Case Study On Baby Clothing SME Pikapiki)
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v25i2.5427Keywords:
usaha mikro kecil menengah (UMKM), business model canvas (BMC), analisis SWOTAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan bagian penting dari masyarakat Indonesia, meskipun pemahaman tentang operasinya seringkali terbatas. Pikapiki Baby Clothes, sebuah UMKM yang berbasis di Bandung, beroperasi di berbagai platform seperti WhatsApp Business, Instagram, Facebook, Tokopedia, dan Shopee. Dalam lima tahun terakhir, penjualan Pikapiki menurun karena meningkatnya persaingan, tren busana bayi yang berubah dengan cepat, dan masuknya barang impor. Studi ini bertujuan untuk mengusulkan strategi baru bagi Pikapiki menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, studi kasus Pikapiki mengungkap tiga temuan utama. Pertama, analisis BMC menekankan pada diversifikasi di segmen pelanggan, kreativitas produk, perluasan saluran daring, dan komitmen untuk memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Kedua, analisis SWOT mengidentifikasi 28 strategi alternatif melalui Matriks SWOT, yang menghasilkan sembilan strategi SO, enam strategi WO, dua strategi ST, dan delapan strategi WT. Akhirnya, strategi ini mengarah pada BMC yang direvisi, yang menggabungkan diversifikasi produk, investasi, layanan keanggotaan, dan peningkatan efisiensi melalui penyesuaian finansial dan teknologi.
Downloads
References
R. A. R. J. Pratama, A. F. Ningtiyas, H. Mauludin, M. C. Larosa, and K. A. Thaariq, “Meningkatkan Potensi Desa Pagerwangi Melalui Produktivitas dengan Pengembangan UMKM sebagai Wujud Ekonomi Kreatif Desa,” Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa, vol. 19, no. 2, pp. 92–98, Nov. 2022, doi: 10.29313/performa.v19i2.10703.
G. Ramantoko, P. M. Sitorus, and S. Widyanesti, “Pilot static modeling of social business: Case of Kampong Jelekong in Bandung,” in Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 2019, pp. 1059–1071.
H. Sulistiyo and R. A. K. Putra, “Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sektor Industri Pengolahan Kabupaten Bekasi,” Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 38–48, Sep. 2020, doi: 10.34308/eqien.v7i2.145.
Y. Priyadi and A. Prasetio, “Implementation of supply chain business application through business model canvas and waterfall framework collaborations for fish farmers SMEs in ulekan market bandung,” in Journal of Physics: Conference Series, 2018. doi: 10.1088/1742-6596/978/1/012021.
R. Galavan, Doing Business Strategy. Ireland: NuBooks, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Metode kuantitatif dan kualitatif dan R&D, 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Izzuddin Azzam Fauzi Fauzi, Mohammad Riza Sutjipto, Taufik Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


