PERCIK (PROGRAM PETANI CILIK) PENUMBUH KESADARAN DAN CINTA PERTANIAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MABDAUL ULUM DI DUSUN LUMBUNG ROWOSARI SUMBERJAMBE JEMBER
Abstract
Madrasah Ibtidaiyah Swasta Mabdaul Ulum, Sumberjambe Jember merupakan mitra dalam kegitan pengabdian kepada masyarakat. Siswa – siswi yang kita libatkan adalah kelas 5 sampai dengan 6. Kepala sekolah dan para guru juga mendukung kegiatan ini sebagai fasilitator dan tim untuk berkoordinasi membantu dalam Percik (Program Petani Cilik) untuk dapat meningkatkan kesadaran dan kemauan yang tinggi berprofesi sebagai petani nantinya. Permasalahan yang kita temukan adalah kurang peduli siswa- siswi MI Mabdaul Ulum terhadap lingkungan, minat belajar yang kurang karena kondisi/suasana sekolah yang membosankan.  Pelaksanaan kegiatan dimulai dari bulai Mei sampai dengan Oktober 2019. Kegiatan ini meliputi sosialasi, pengenalan profil petani masa kini, pembuatan pupuk organik, pengenalan warna, mengambar sekolah impian, membuat taman mini sekolah, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mengenai profesi petani bukan pekerjaan alternatif terakhir akan tetapi profesi mulia yang utama dalam kehidupan.  Melalui program petani cilik (percik) siswa – siswi kita bekali pengetahuan pertanian dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitar. Para siswa – siswi juga mendapat motivasi untuk peduli terhadap petani disekitarnya dan menumbuhkan kesadaran tanggungjawab. Adanya taman mini sekolah membuat suasana yang sejuk dan asri sehingga meningkatkan rasa senang para siswa dan siswi untuk fokus dan nyaman ketika belajar di sekolah.
Â
Kata Kunci— lingkungan, Petani, Profesi
References
Badan Pusat Statistik. 2013. Sensus Pertanian. https://st2013.bps.go.id/dev2/index.php/site?id=35&wilayah=Jawa-Timur diakses pada 15 Mei 2019
Litbang Pertanian. 2017. Vertikultur. http://www.litbang.pertanian.go.id/info-aktual/918/file/verikultur.pdf diakses 15 Mei 2019.
Nurmawati, Sri Kadarwati.2016. Vertikultur media pralon sebagai upaya memenuhi kemandirian pangan di wilayah peri urban kota semarang. Vol (4) No. 2. Jurnal Pendidikan Sains. Universitas Muhammadyah Semarang.
Mariyam S, Rahayu T, Budiwati, Oktavia DW, Purnama AS, Puspita NR , Indra A. 2013. Implementasi eco-education di sekolah perkotaan melalui budidaya vertikultur tanaman hortikultura organik. Universitas Negeri Yogyakarta
Tolangara A, Wahyu RN. 2018. Vertical garden mewujudkan sekolah dasar berbasis lingkungan. Vol (2) No.1. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. IKIP PGRI Bojonegoro.