Tentang Jurnal Ini

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Akuntansi Terapan dan Bisnis berfokus pada bidang akuntansi dan bisnis dengan cakupan dan fokus pada bidang:
1. Akuntansi Keuangan (pasar modal, pajak, dan auditing)
2. Akuntansi Sektor Publik
3. Akuntansi Manajemen (akuntansi biaya dan sistem informasi manajemen)
4. Manajemen Keuangan
5. Manajemen Pemasaran

ASERSI menerima penyerahan artikel dari peneliti. Semua artikel yang diterima dan memenuhi persyaratan akan dipublikasikan dan tersedia secara bebas (open access) untuk dibaca dan diunduh oleh semua pembaca.

Proses Peer Review

Naskah yang masuk akan ditinjau oleh 2 (dua) orang reviewer untuk setiap topik yang terkait. Keputusan dari reviewer pertama akan menjadi prioritas utama bagi editor untuk membuat keputusan penerbitannya.

Proses peninjauan naskah membutuhkan waktu tiga minggu untuk menyelesaikan satu putaran review.

Calon reviewer naskah dipilih berdasarkan kesesuaian bidang keahlian. Langkah berikutnya, Editor mengirimkan surat elektronik untuk setiap calon reviewer. Setelah calon reviewer menginformasikan kesediaan mereka untuk proses review, editor akan mengirim naskah melalui website berbasis OJS.

Semua proses review dilakukan secara tertutup (double blind) dan dikelola oleh Redaksi Jurnal Akuntansi Terapan dan Bisnis.

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Akuntansi Terapan dan Bisnis pertama kali diterbitkan pada Juli 2021 dan secara teratur diterbitkan dua kali dalam satu tahun, setiap Juli dan Desember

Kebijakan Open Access

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.