PELATIHAN PEMBUATAN BURIDOR (BUBUR INSTAN DAUN KELOR) SEBAGAI MP-ASI B2SA DI DESA TANJUNG KECAMATAN MANGLI KABUPATEN JEMBER

Anna Mardiana, Faradila Nurintan Firdaus, Frieska Fatima Aziz, Yoga Eka Birnanda, Rara Anggi Dewanti, Dwi Nur Azizah

Abstrak


Kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan gizi balita dengan MP-ASI yang B2SA. Hal ini dilakukan dengan Pelatihan Pembuatan BURIDOR (bubur instan daun kelor). Pembuatan MP-ASI BURIDOR ini merupakan keinginan dari beberapa mitra untuk mencoba inovasi baru dengan mengolah daun kelor menjadi bubur instan, mengingat mayoritas penduduk menanam pohon kelor. MP-ASI dalam bentuk kemasan  instan sangat praktis dibawa kemana saja dan dalam keadaan sibuk. Namun, orang tua terkadang khawatir dengan makanan praktis yang beresiko mengandung garam tinggi, mengandung bahan pengawet dan bahan tambahan makanan lain yang berbahaya bagi balita.

           Salah satu daerah yang mengalami permasalahan tersebut yaitu Desa Tanjung Kecamatan Mangli yang merupakan daerah kurang produktif dan memiliki posyandu yaitu posyandu Aster 54 A. Selain itu di Desa Tanjung mayoritas penduduknya memiliki lahan pekarangan yang ditanami pohon kelor. Banyak orang tua yang memiliki bayi tetapi kurang  paham manfaat dari pentingnya pemberian MP-ASI yang B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman).

Hasil yang telah dicapai berdasarkan indikator keberasilan jangka pendek selama 5 bulan yaitu telah dilakukannya program pengabdian yang membuat ibu rumah tangga khususnya yang memiliki balita mendapat pengetahuan yang lebih banyak tentang pentingnya MP-ASI, masyarakat di Desa Tanjung dapat memanfaatkan hasil bumi (daun kelor)

 menjadi MP-ASI BURIDOR, serta mendemonstrasikan pembuatan MP-ASI yang B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman) yaitu bubur instan daun kelor.

Pengabdian kepada masyarakat tentang pelatihan pembuatan buridor yaitu masyarakat di Desa Tanjung dapat meningkatkan pengetahuan ibu-ibu tentang pentingnya pemberian MP-ASI, membuat MP-ASI yang inovasi, tanpa bahan pengawet dan B2SA yaitu BURIDOR serta dapat memanfaatkan tanaman lokal.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, Syarifah et. al. 2015. Kandungan Nutrisi dan Sifat Fungsional Tanaman Kelor. Buletin Pertanian Perkotaan Volume 5 Nomor 2 35-44

Khasanah, Ainull. 2017. Formulasi Bubur Daun Kelor Instan. https://www.scribd.com/document/353717976/Formulasi-Bubur-Daun-Kelor-Instan. Didownload pada tanggal 11 Desember 2018

Wiyanti, Widiya. 2018. Kandungan Daun Kelor yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan. https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-3857741/kandungan-daun-kelor-yang-sangat-bermanfaat-bagi-kesehatan. Didownload pada tanggal 13 Desember 2018




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i1.1491

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i1.1491.g995

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2019 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.