PELATIHAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI PAVING DALAM MENGEMBANGKAN KAWASAN DESA LABANASEM

Mirza Ghulam Rifqi, M. Shofi’ul Amin, Enes Ariyanto S., Erna Suryani

Sari


Situasi halaman mushollah yang masih berupa tanah asli mengurangi kenyamanan masyarakat terutama pada saat musim penghujan. Pada musim penghujan halaman dan akses menuju mushollah sering becek sehingga mengganggu dan mengurangi kenyamanan masyarakat dalam beribadah. Aplikasi jangka pendek pembuatan dan pemasangan paving adalah peningkatan kenyamanan masyarakat sekitar Mushollah Ar-Roudoh dalam beribadah.

Hasil pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk membekali masyarakat tentang keterampilan pekerjaan paving mulai dari metode  pembuatan sampai pada metode pemasangan paving dan menambah wawasan kepada masyarakat, pemuda dan tukang batu sebagai bekal pekerjaannya.

Pengabdian dilakukan dalam beberapa tahapan dan alur pelaksanaan yang meliputi survey lokasi, penjaringan peserta, pelatihan dan metode pelatihan yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Tahap pelaksanaan pelatihan yaitu melakukan pembekalan tentang tata cara pembuatan paving sampai pada tahap aplikasi/pemasangan di lapangan serta mampu mengidentifikasi kerusakan-kerusakan yang terjadi pada konstruksi paving.

Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Labanasem Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi. Pada kegiatan ini dilakukan bimbingan dan pelatihan pembuatan campuran paving normal dan paving berbahan recycle berbasis limbah. Kegiatan selanjutnya dilaksanakan di halaman Mushollah Ar-Raudhoh. Sebelum dilakukan pemasangan, dilakukan koordinasi, persiapan dan penjelasan kepada anggota karang taruna. Selanjutnya dilakukan pemasangan paving pada halaman mushollah Ar-Roudhoh secara gotong royong antara takmir mushollah Ar-Roudhoh dengan warga sekitar mushollah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, M.Shofi’ul., S. Enes Ariyanto, R. Faris Fahrur., 2016. Pengaruh air laut pada paving block berbahan campuran fly ash dan abu sekam, Jurnal Poli Teknologi Vol. 15 No. 1.

Standar Nasional Indonesia (SNI). 03-0691-1996, (1996). Bata Beton (Paving Block). Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Standart Nasional Indonesia (SNI) 15-2049-2004. (2004). Semen Portland. Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i2.197

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i2.197.g261

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.