IbM KELOMPOK TANI KUBIS DESA BALUNG LOR KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER

Dr. Ir. M. Syarief, MP, Suratno Suratno, Alwan Abdurahman

Abstrak


ABSTRAK

 

IbM Produksi  insektisida Nematoda Entomoppatogen (NEP) untuk mengendalikan hama kubis ulat plutella (Plutella xylostella) dan ulat kroksi (Crocidolomia binotalis) telah dilaksanakan di kelompok tani “Mulia 1” dan kelompok tani “Mulia 2”, desa Balung Lor, Kecamtan Balung, Kabupaten Jember. Permasalahan yang dihadapi petani kubis di desa ini adalah kelompok tani kubis di desa ini masih terbiasa menggunakan insektisida sintetik untuk mengendalikan hama utama tanaman kubis. Mengingat dampak negatif yang dapat timbul akibat penggunaan pestisida  sintetik  yang tidak bijaksana, maka perlu memasyarakatkan teknik pengendalian hama utama pada tanaman kubis  yang aman bagi manusia dan lingkungan, dalam upaya mengurangi pemakaian insektisida  sintetik yang berlebihan. Solusi yang ditawarkan adalah membuat dan menggunakan sendiri insektisida NEP dengan memanfaatkan bahan baku yang tersedia di alam. Insektisida yang dihasilkan lebih murah dan ramah lingkungan.

Metode pelaksanaan yang dilakukan menggunakan  metode ceramah, diskusi dan demonstrasi plot.

Target luaran  dari kegiatan Program IbM adalah menghasilkan NEP berbahan aktif Steinernema carpocapsae isolat lokal dan bakteri simbion Xenorhahabdus sp. yang efektif untuk hama kubis, kelompok tani dapat mengaplikasi  sendiri hasil  insektisida  NEP ke  tanaman  kubis dan modul teknik pembuatan NEP.

 

Kata kunci: Crocidolomia binotalis, Nematoda Entomopatogen Plutella xylostella, Steinernema carpocapsae


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nugrohorini. 2010. Eksplorasi Nematoda Entomopatogen pada beberapa Wilayah di Jawa Timur. Jurnal Pertanian Mapeta. 12(2):132-136.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.466

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.466.g652

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.