PENGEMBANGAN VARIASI OLAHAN BUAH NAGA MERAH MENJADI PRODUK PANGAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI KARANG JOANG

Ria Setyawati, Farida Farida, syahrul karim, Nawang Retno Dwiningrum, Tuatul Mahfud

Abstrak


Abstrak

Pengolahan buah naga merah untuk dijadikan produk pangan saat ini sudah dilaksanakan oleh kelompok tani warga Karang Joang RT 19 KM 12 Balikpapan Utara, akan tetapi produk pangan yang dihasilkan belum bervariasi. produksi belum dapat dilakukan setiap hari, hanya pada waktu-waktu tertentu. Kelompok tani memiliki keinginanuntuk mengolah buah naga menjadi produk olahan untuk mengatasi agar tidak mengalami kerugian akibat buah yang tidak terjual, akan tetapi salah satu kendala yang dihadapi adalah pengetahuan yang terbatas. Mereka belum memiliki pengetahuan cara pengolahan buah naga yang lebih bervariasi.

Berdasarkan hasil observasi permasalahan mitra pada kelompok tani warna Karang Joang RT 19 dapat diidentifikasi sebagai berikut: 1) Bagaimana menambah variasi olahan buah naga untuk dapat menambah nilai ekonomi dan daya tahan simpan dalam bentuk produk sesuai dengan permintaan pasar saat ini, 2) Bagaimana memberikan produk olahan buah naga kepada konsumen dengan pengemasan dan labbeling yang tepat.

Solusi yang ditawarkan berdasarkan uraian permasalahan mitra yang sedang dihadap diantaranya yaitu: 1) Pelatihan ketrampilan tekniks pengembangan pengolahan produk buah naga, 2) Pelatihan pengemasan dan labbeling produk olahan buah naga.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Faridah, A., Pada, K.S., Yulastri, A. and Yusuf, L., 2008. Patiseri Jilid 3. Jakarta: Depdiknas.

Hariono, B. and Bakri, A., 2016. Peningkatan Produktivitas Keripik Buah melalui Aplikasi Vakum Very High (VH). Prosiding.

Herudiyanto, M.S., 2008. Teknologi pengemasan pangan. Bandung: Widya Padjadjaran.

Riskiawan, H.Y., Purnomo, B.H., Abdurahman, A., Hariono, B. and Puspitasari, T.D., 2018, January. Strategy of Trade-Reliable Featured Product Supporting Regional Innovation Systems. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 953, No. 1, p. 012117). IOP Publishing.

Wahyu A, 2016. Membuat Aneka Olahan Selai Buah. Gudang Penerbit.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.