IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN PRODUK-PRODUK USAHA KECIL BINAAN POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

Ida Suriana, Hasto Finanto, Asri Setiarini, Saiful Ghozi, Totok Ismawanto

Abstrak


Pengelolan buah naga menjadi produk-produk yang khas dan memberikan manfaat secara ekonomi bagi masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani warga Karang Joang RT 19 KM 12 Balikpapan utara sudah cukup lama namun kelompok ini masih belum memiliki pengetahuan yang baik tentang bagaimana memasarkan produk yang mereka hasilkan dengan tepat sehingga mereka dapat mengenalkan produk mereka kepada masyarakat dan meningkatkan penjualan produknya.

Berdasarkan hasil observasi permasalahan mitra pada kelompok tani warna Karang Joang RT 19 dapat diidentifikasi sebagai berikut: 1) Bagaimana memasarkan produk agar lebih dikenal oleh masyarakat luas baik melalui media offline maupun menggunakan media sosial, 2) Bagaimana desain produk agar masyarakat mengenal hasil olahan buah naga.

Solusi yang ditawarkan berdasarkan uraian permasalahan mitra yang sedang dihadap diantaranya yaitu: 1) Pembekalan pengetahuan dasar tentang pemasaran, 2) pendampingan pemasaran baik secara offline mau menggunakan media sosial.

 

Keywords:  peningkatan penjualan dan strategi pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Herudiyanto, M.S., 2008. Teknologi pengemasan pangan. Bandung: Widya Padjadjaran.

Kotler, P. and Keller, K.L., 2009. Manajemen pemasaran jilid 1. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P. and Keller, K.L., 2009. Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga, 71.

Makmur, R., 2016. Bisnis Online. Bandung: Informatika.

Rizaldi, T. and Hermawan, H., 2017. Pemanfaatan E-Commerce sebagai Strategi Peningkatan Pemasaran UMKM. Prosiding.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.