Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Akibat Koding Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo

Authors

  • Salma Firyal Nabila Politeknik Negeri Jember
  • Maya Weka Santi Politeknik Negeri Jember
  • Yusirwan Tabrani RSUPN DR. Cipto Mangunkusumo
  • Atma Deharja Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.25047/jremi.v1i4.2157

Keywords:

Klaim, Pending, BPJS, Rawat Inap

Abstract

Klaim BPJS Kesehatan adalah pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS oleh pihak rumah sakit kepada pihak BPJS Kesehatan yang dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada pihak BPJS Kesehatan setiap bulannya. Setelah itu BPJS Kesehatan akan melakukan persetujuan klaim dan melakukan pembayaran untuk berkas yang layak, namun untuk berkas yang tidak layak klaim atau pending (unclaimed) harus dikembalikan ke rumah sakit untuk diperiksa kembali. Kejadian pending klaim di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo disebabkan oleh beberapa hal diantaranya administrasi, medis, koding, tidak layak dan lainnya. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan berkas pending klaim pada bulan januari 2020 sebanyak 788 dari 2539 pasien rawat inap yang menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional. Dari permasalahan tersebut maka dilakukan analisis terkait faktor penyebab pending klaim akibat koding melalui pendekatan fenomenologi yang meliputi input dan proses pada bagian Koding di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo. Hasil penelitian terkait SDM diperlukan penambahan jumlah sumber daya manusia serta sosialisasi pembaharuan dari aturan koding. Terkait Sarana dan Prasarana yaitu keterbatasan ruangan petugas koding diperlukan pertemuan secara rutin. Terkait Teknologi yaitu mendukung proses klaim berkas rekam medis pasien diintegrasikan dengan proses manajemen lain yang terdapat di SIMRS. Berdasarkan analisis proses terkait Perencanaan yaitu telah memiliki SOP penyelesaian permasalahan pending klaim. Terkait Pengorganisasian yaitu perlu dibuat job description khususnya pada petugas bagian coding. Terkait Pelaksanaan yaitu proses pengklaiman dilihat dari alur yang ada telah sesuai dengan SOP yang berlaku serta pada analisis proses terkait Evaluasi yaitu mengadakan pertemuan rutin atau rapat bulanan.

References

lfiansyah, G., Nuraini, N., Wijayanti, R., Putri, F., Deharja, A., & Santi, M. (2019). Optimalisasi Manajemen Penanganan Klaim Pending Pasien Bpjs Rawat Inap di Rumah Sakit Citra Husada Jember Tahun 2018. Kesmas Indonesia: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 11(1), 24-35. doi:10.20884/1.ki.2019.11.1.1314.

Alfiansyah, G., Swari, S., Wijayanti, R., Kurniawati, R. 2019. Analisis Kelengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap RSUP Dr. Kariadi Semarang. ARTERI : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 50–56. doi: 10.37148/arteri.v1i1.20.

Apriliyanti, E. E. 2019. Analisis Faktor Penyebab Klaim Pending Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ) Rawat Jalan Di RSU Haji Surabaya. Jember: Politeknik Negeri Jember.

Artanto. 2016. Faktor-Faktor Penyebab Klaim Tertunda BPJS Kesehatan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Periode Januari-Maret 2016. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, Vol.4 No.2 Februari.

Azwar. 1996. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Disman. 2013. Pengantar Manajemen. Jakarta: Universitas Gunadharma.

Handoko. 2003. Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

KEMENKES RI. 2009. Undang-Undang No. 44. Tentang Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

KEMENKES RI. 2011. Undang-Undang No. 24. Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

KEMENKES RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan No. 27. Tentang Petunjuk Teknis Sistem Indonesia Case Based Group (INA-CBG’S). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Leonard, D. 2016. Pengorganisasian Klaim Pelayanan Pasien JKN di RSUP dr. M. Djamil Padang. Tesis. X. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Meiyanto S.P. 2018. Persepsi, Nilai, dan Sikap. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Nuraini, N. 2015. Analisis Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis di Instalasi Rekam Medis RS “ X †Tangerang Periode April-Mei 2015. Jurnal ARSI, Vol.1, 147–158.

Nurdiah S., A. Iman. 2016. Analisis Penyebab Unclaimed Berkas BPJS Rawat Inap di RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. 4.4. Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya.

Sulaimana, A. 2017. Pengembalian Berkas Klaim Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak. Tesis. Universitas Gadjah Mada.

Syafrudin. 2009. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media.

Valentina, M. Halawa. 2018. Analisis Penyebab Unclaimed Berkas BPJS Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia (RSU IPI) Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda. 3.2. APIKES Imelda Medan.

Published

15-10-2020

How to Cite

Nabila, S. F., Santi, M. W., Tabrani, Y., & Deharja, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Akibat Koding Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 519–528. https://doi.org/10.25047/jremi.v1i4.2157

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>