PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN UNTUK MENILAI KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM BERPIDATO PERSUASI (PERSUASIVE SPEECH) DI PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS, JURUSAN BAHASA, KOMUNIKASI DAN PARIWISATA POLITEKNIK NEGERI JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.25047/jii.v15i2.44Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Kegiatan penelitian difokuskan pada pengembangan model yang berupa rubrik penilaian (scoring rubric) untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pidato persuasi ( persuasive speech ) pada mata kuliah speaking 4.  Pengembangan rubrik penilaian ini sangat diperlukan baik oleh dosen maupun oleh mahasiswa. Rubrik penilaian memberikan kemudahan bagi dosen untuk memberikan penilaian atas keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas berdasarkan kreteria penilaian telah dibuat dan diketahui mahasiswa. Bagi mahasiswa, pengembangan rubrik penilaian ini memberikan kemudahan bagi mereka untuk mempersiapkan diri dalam menyelesaiakn tugas yang diberikan kepadanya sesuai dengan kreteria yang telah ditentukan dalam rubrik penelilaian. Disamping itu, mahasiswa dapat mengetahui kelemahan dari performa mereka sebagai bahan kajian dan perbiakan unutk melakukan kegitaan berikutnya.
               Pengembangan rubrik ini melibatkan beberapa pihak diantaranya pemegang kebijakan di program studi,, ahli bahasa, dosen mata kuliah bahasa Inggris dan mahasiswa program studi bahasa inggris. Semua pihak tersebut terlibat dalam pengumpuan data, analisa produk dan validasi ahli terhadap produk yang telah dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisa dan jabarkan secara deskriptif untuk menjadi dasar dalam pengembangan model.
Rubrik penilaian dikembangkan dengan mengikuti model pengembangan dari Tessmer (1993). Pada model pengembangan ini, penelitian difokuskanpada 2 tahapyaitutahappreliminary dantahapformative evaluation. Tahap formative evaluationmeliputiself evaluation, prototyping (expert reviews danone-to-one, dansmall group), sertafield test. Dengan model pengembangan ini, diharapkan model penilaian yang dihasilkan benar-benar telah melalui tahapan-tahapan yang benar-benar sesuai dengan keingan dan kebutuhan serta karakter khusus dari mahasiswa sehingga dapat secara efektif dipakai untuk menilai kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pidato persuasif (persuasive speech). Â
Downloads
References
Arsyad, Maidar dan Mukti.1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
Borg and Gall (1983).Educational Research, An Introduction. New York and London. Longman Inc.
Gay, L.R. (1991). Educational Evaluation and Measurement: Com-petencies for Analysis and Application.Second edition. New York: Macmillan Publishing Compan.
Moskal, B. M. (2000). Scoring rubrics: what, when, and how?. Practical Assessment, Research, & Evaluation, 7(3). Available online: http://pareonline.net/getvn.asp?v=7&n=3
Nitko, A. J. (2001). Educational assessment of students (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill.
O’Malley.J. M. Pierce,V.L. (1995). Authentic assessment for English Language Learners. United States of Amerika. Addison-Wsley Publising Company.
……………….. Persuasive Speech rading Rubric. Available at www.fountainheadpress.com. Accessed in 3 Oktober 2014.
……………….. Persuasion Rubric. Available at www.readwritethink.org Accessed in 5 Oktober 2014
Stiggins, R.J. (1994). Student-Centered Classroom Assessmen. New York : Macmillan College Publishing Company
Tessmer, Martin. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia: Kogan Page.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara (sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa). Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).